Seabad Harta Tsar Menghilang

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 22 November 2017
Seabad Harta Tsar Menghilang
Harta Tsar Rusia sudah hilang selama 100 tahun. (Foto: Mirror)

KONON kabarnya ada dokumen rahasia KGB yang menunjukan tempat dikuburnya harta kekayaan Tsar Rusia. Harta karun dalam bentuk emas itu bernilai Rp465 miliar.

Dokumen itu bisa jadi akan membuka lokasi dikuburnya harta Tsar yang sudah hilang selama 100 tahun. Menurut dokumen itu, harta karun Tsar dikubur di dekat rel kereta Trans Siberia.

Diyakini harta karun itu merupakan satu dari lima harta karun Tsar setelah revolusi komunis yang menumbangkan monarki di tahun 1917. Dokumen itu menuliskan bahwa terdapat sekitar 26 peti berisikan emas.

Peti-peti itu dikuburkan oleh Karl Purrok dan beberapa teman-teman tentaranya menguburkan peti-peti itu sedalam delapan kaki. Karl mengakui dalam dokumen itu, lokasi penguburannya sekitar lima kilometer dari Stasiun Kereta Taiga.

Menurut Karl, ia diperintahkan untuk mengubur peti-peti dari jarahan Tentara Merah. Gerbong kereta api yang dipakai saat itu penuh dengan emas. Ketika kereta api berhenti, ia menggali lubang untuk mengubur peti-peti itu. Tak berapa lama Karl kemudian ditangkap oleh Tentara Merah. Setahun kemudian Karl mencari peti-peti itu, namun ia tidak pernah mengingat lokasi jelasnya.

Selain harta karun berisikan emas, Tsar menyembunyikan pula harta berharga kekaisaran Rusia. Mahkota dan tiara beserta batu-batu mulia dan pedang bertahtakan berlian tidak pernah diketahui keberadaannya. Ada keyakinan bahwa harta-harta itu disembunyikan oleh penduduk lokal yang loyal pada Tsar. Banyak memperkirakan disembunykan di Tobolsk atau Omsk. (psr)

#Tsar Rusia
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan