SEA Games 2021: Viral, Wartawan Merah Putih Media Bikin Publik Vietnam Kagum

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 22 Mei 2022
SEA Games 2021: Viral, Wartawan Merah Putih Media Bikin Publik Vietnam Kagum
Evan Andraws. Foto: Ngo Tran Hai An

MerahPutih.com - Merah Putih Media tidak hanya mendapat kehormatan untuk menjadi partner kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021. Sepak terjang armadanya juga berhasil mencuri perhatian publik Vietnam selaku tuan rumah.

Adalah Evan Andraws yang berhasil mencuri sebagian atensi dari para atlet. Ia merupakan video editor kamibijak.com yang juga berpengalaman menekuni dunia fotografi.

Baca Juga

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Kukuh di Tiga Besar, Jauhi Kejaran Filipina and Singapura

Kamibijak.com merupakan salah satu portal berita yang tergabung dalam grup Merah Putih Media, Menariknya, ini merupakan media disabilitas pertama di Indonesia.

Sebanyak 80 persen armada kamibijak.com merupakan penyandang disabilitas termasuk Evan. Ia hanya memiliki tangan kiri sejak lahir.

Meski begitu, Evan tetap dipercaya menjadi salah satu jurnalis yang diberi mandat meliput langsung ajang SEA Games 2021. Ia mendapat tugas untuk mengabadikan berbagai momen perjuangan para atlet dari berbagai cabang olahraga lewat lensa kamera.

Meski hanya memiliki satu tangan, Evan tetap mampu mengoperasikan kamera dengan baik. Ia mampu menjalankan tugasnya di SEA Games 2021 tanpa hambatan berarti.

Namun siapa sangka gerak-gerik Evan di venue pertandingan turut mendapat perhatian dari jurnalis Vietnam. Salah satunya bernama Ngo Tran Hai An.

Postingan Ngo Tran Hai An soal jurnalis Merah Putih Media, Evan Andraws di SEA Games 2021. Foto: Facebook/Ngo Tran Hai An

Menurut Evan, Ngo Tran Hai An menegur bertugas di venue pencak silat. Keduanya mengobrol cukup lama.

Baca Juga

Rivalitas yang Tinggi, Timnas U-23 Janji Bekerja Keras Taklukkan Malaysia

Ngo Tran Hai An kemudian membuat unggahan terkait Evan di akun Facebook pribadinya, Intinya, ia merasa kagum dengan apa yang dilakukan Evan.

"Melihatnya bekerja sangat murni untuk mengambil foto, mengirim foto ke kompilasi seperti reporter lain tiba-tiba terasa sangat emosional," tulis Ngo Tran Hai An.

"Saya juga terkejut melihat dia hanya menggunakan satu tangan tetapi dia dengan mahir dan terampil menggunakan kamera untuk mengambil foto."

Siapa sangka unggahan tersebut menjadi viral di kalangan warganet Vietnam. Tercatat sejauh ini ada sekitar 2.200 akun yang menyukai postingan tersebut.

Unggahan tersebut juga dikomentari oleh pengikut Ngo Tran Hai An. Kebanyakan isinya merasa kagum dengan sosok Evan.

Dengan cepat Evan menjadi viral di Vietnam. Ia bahkan diminta melakukan wawancara dengan dua stasiun TV Vietnam dan beberapa media lain.

"Saat sedang bekerja, gue diminta interview oleh media Vietnam. Kebanyakan bertanya tentang keadaan gue dan cara memotret dengan satu tangan," kata Evan.

"Gue tidak menyangka sampai viral hingga diwawancara. Padahal sebagai fotografer yang pertama kali bertugas di luar negeri, gue hanya mencoba menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya." pungkasnya. (*/Bolaskor)

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Baca Juga

Tim Esports Indonesia Menang di Lower Bracket CrossFire SEA Games 2021

#Merah Putih #KamiBijak.com #SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan