Perjuangan Melawan Gugup dan Emosi demi Medali Emas SEA Games

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 Mei 2022
Perjuangan Melawan Gugup dan Emosi demi Medali Emas SEA Games
Atlet sepeda Indonesia, Ayustina Priatna Delia, meraih medali emas nomor Women's Road Race Individual Time Trial. (NOC Indonesia/MP Media/Evan Andraws)

MerahPutih.com - Pesepeda Indonesia, Ayustina Delia Priatna menambahkan koleksi pundi-pundi medali untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2021.

Ayu yang turun di nomor Womens Road Individual Time Trial, Jumat (20/5), berhasil merebut medali emas setelah mencatatkan waktu terbaik 44 emnit 8,445 detik.

Baca Juga

Atlet Sepeda Road Race Indonesia Sabet Medali Emas di SEA Games 2021

Ayu meninggalkan pesepeda Singapura, Yiwei Luo, yang menempati posisi kedua. Adapun medali perunggu didapat pembalap asal Thailand, Phetdarin Somrat. Selama perlombaan, Ayu tak hanya harus memikirkan para lawan. Ia mengaku gugup dan berusaha mengatur emosi.

“Nervous sih, tapi yaudah, lebih nyikapin gimana lebih tenang. Karena di nomor ITT itu emosi harus bisa diatur. Jadi, atur emosi aja,” ujar Ayu.

Di nomor yang sama, Indonesia juga menurunkan pembalap Tanah Air lain yakni Dewika Sova Mulia. Akan tetapi, Dewika hanya finis di posisi ketujuh dengan catatan waktu 43 menit 10,861 detik.

Zainal Fanani (kiri) dan Ihza Muhammad. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

Keberhasilan Ayu itu sekaligus melanjutkan tren emas dari cabor sepeda. Sebelumnya, pada nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra, Indonesia menuai medali emas yang dipersembahkan Zainal Fanani dan perak melalui Ihza Muhammad.

Atlet balap sepeda lainnya Tiara Andini Prastika juga sukses menyumbang medali emas, dengan rekor finish tercepat pada final run cabang olahraga balap sepeda MTB Downhill putri di SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga:

Sikap Rendah Hati Dewi Laila Mubarokah Membawanya ke Medali Emas SEA Games 2021

Tiara mampu finis dengan catatan waktu terbaik 3 menit 31,531 detik pada lintasan basah sejauh 2,01 kilometer di Hoa Binh Gymnastics and Sport Center, usai mengalahkan wakil Thailand Vipavee Deekaballes di urutan kedua (3 menit 42,337 detik) dan wakil Filipina Naomi Gardoce di urutan ketiga (3 menit 44,722 detik).

Prestasi kontingen balap sepeda tim Merah Putih bisa kian mengilap karena pada hari ini juga masih ada nomor lain yang dipertandingkan pada Road Race yakni Men's Road Individual Time Trial. Indonesia menurunkan dua atlet terbaiknya yakni Aiman Cahyadi dan Dealton Prayogo Nurarif.

Atlet balap sepeda MTB-Downhill putri Tiara Andini Prastika. (foto: Kemenpora)
Atlet Cycling MTB Tiara Andini (tengah) bersama Ketua Umum NOC Raja Sapta Oktohari (kanan) dan Wakil Ketua Umum PB ISSI Brigjen Suyudi Ario Seto (kiri). (NOC Indonesia/Andi Faisal)

(*/Bolaskor)

Baca Juga

Atlet Angkat Besi Eko Yuli Boyong Medali Emas untuk Indonesia

#SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan