SEA Games 2021: Mencicipi Cita Rasa Indonesia di Hanoi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 07 Mei 2022
SEA Games 2021: Mencicipi Cita Rasa Indonesia di Hanoi
Batavia Restaurant and Cafe. (MP/Taufik Hidayat)

SIAPA bilang SEA Games 2021 hanya memiliki cerita tentang olahraga saja. Ada banyak sisi lain yang dapat diulik dari pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini. Salah satunya ialah kuliner.

Sebagai tuan rumah, Vietnam memiliki karakteristik makanan yang sangat jauh berbeda dengan masakan Indonesia. Perbedaan yang mencolok adalah dominasi sup dan mie dalam menu makanan Vietnam. Penggunaan minyak goreng dalam masakan juga terbilang sedikit.

Baca juga:

Situs SEA Games 2021 Resmi Diluncurkan

Tim Merahputih.com sudah hampir sepekan berada di Hanoi. Berbagai menu masakan khas ibu kota Vietnam tersebut sudah sempat dicoba, tentunya yang berkategori halal. Namun, cita rasa masakan Vietnam yang terbilang sedikit menggunakan rempah-rempah sulit diterima oleh lidah orang Indonesia.

Nasi goreng, salah satu menu yang ada di Batavia Restaurant and Cafe. (Foto: MP/Taufik Hidayat)
Nasi goreng, salah satu menu yang ada di Batavia Restaurant and Cafe. (Foto: MP/Taufik Hidayat)

Hal ini membuat kami mulai merindukan makanan Indonesia. Beruntung di Hanoi ada satu restoran bercita rasa tanah air. Restoran yang beralamat di 116 Ngoc Ha, Ngoc Ha Ward, Ba Dinh District itu bernama Batavia Restaurant and Cafe.

Ternyata Batavia Restaurant and Cafe dimiliki oleh seorang warga negara Indonesia bernama Azhar Rizal. Ia adalah seorang staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang sudah menetap di Vietnam selama 20 tahun.

Dari nama restoran, tentunya tamu akan tahu jika menu-menu yang dihadirkan adalah masakan khas Indonesia. Hampir semua makanan khas dari berbagai daerah tersedia di sini. Menariknya pelanggan Batavia Restaurant and Cafe bukan hanya orang Indonesia yang rindu masakan Tanah Air saja.

Baca juga:

Lagu SEA Games Hanoi Ceritakan Kebanggaan Saat Vietnam Jadi Tuan Rumah 2003

"Yang datang ke restoran ini tidak hanya orang Indonesia. Orang dari Malaysia dan Singapura yang berkunjung ke Hanoi bisa dipastikan mampir ke sini," kata Azhar Rizal kepada Merahputih.com.

"Warga Vietnam juga secara perlahan juga mulai menyukai menu makanan Indonesia. Rendang dan sate ayam menjadi favorit mereka," lanjutnya.

Restoran yang sudah berdiri sejak 2017 ini sempat mengalami sepi pelanggan ketika pandemi COVID-19 menyerang. Terlebih kebijakan lockdown yang sempat dijalankan oleh pemerntah Vietnam.

Menu yang ada di Batavia Restaurant and Cafe. (Foto: MP/Taufik  Hidayat)
Menu yang ada di Batavia Restaurant and Cafe. (Foto: MP/Taufik Hidayat)

Beruntung, perlahan pandemi sudah mulai terkendali. Situasi di Vietnam pun menjadi lebih baik. Pendapatan Batavia Restaurant and Cafe perlahan kembali normal.

Kepopuleran Batavia Restaurant and Cafe tak bisa diragukan lagi. Bahkan beberapa tokoh penting Indonesia pernah singgah, salah satunya Presiden Joko Widodo. Penyelenggaraan SEA Games 2021 pada 12-23 Mei mendatang dipastikan membuat Batavia Restaurant and Cafe semakin ramai pelanggan. Sejumlah kontingen bahkan sudah memesan catering di sini.

Laporan langsung wartawan MerahPutih Media, Taufik Hidayat dari Vietnam

Baca juga:

Misi Indonesia di SEA Games 2021

#SEA Games #Sea Games Hanoi #Sea Games 2021 #Sea Games 2021 Vietnam
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan