SEA Games 2015: Hattrick Muchlis Bawa Indonesia Gilas Kamboja Muchlis melakukan selebrasi usai mencetak gol ketika melawan Kamboja dalam pertandingan putaran I Sepak Bola di Stadion Jalan Besar, Singapura, Sabtu (6/6). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

MerahPutih Sepak Bola - Tim nasional Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan dengan skor telak 6-1 atas Kamboja U-23 pada pertandingan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan Besar di Kallang, Singapura, pada Sabtu malam (6/6).

Menghadapi Kamboja, pelatih Aji Santoso menurunkan skuat berbeda dibandingkan saat dikalahkan Myanmar, 2-4, Selasa (2/6). Aji mengganti M Natshir, Hansamu Yama Pranata, dan Wawan Pebriyanto. Kali ini, Aji lebih memercayai Teguh Amirrudin, Agung Prasetyo, dan Paulo Sitanggang.

Timnas Indonesia menyelesaikan paruh pertama dengan meraup dua gol. Muchlis Hadi Ning mencetak gol perdana pada menit ke-11. Memanfaatkan umpan silang Adam Alis, pemain asal klub PSM Makasar itu dengan sigap menyambar bola dan memperdayai kiper Kamboja, Um Serei Rath.

Gol kedua Indonesia ditorehkan oleh Ahmad Noviandani pada menit ke-30. Berawal dari trough pass cantik Paulo Sitanggang, pemain bernomor punggung 7 itu tanpa ragu melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Kamboja.

Tertinggal dua gol, anak asuh Lee Tae Hon mencoba bermain lebih agresif. Mereka tak sungkan-sungkan menggempur pertahanan Garuda Muda. Namun, pertahanan rapat yang digalang Manahati Lestusen dan kawan-kawan masih terlalu kokoh bagi mereka.

Pada menit ke-55, Kamboja dihadiahi penalti oleh wasit. Saiful Indra dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mambahayakan pemain lawan. Prak Mony Udom yang ditunjuk sebagai eksekutor, berhasil dengan baik memperdayai Teguh Amirudin.

Muchlis berhasil mencetak gol keduanya pada pertandingan ini di menit ke-67. Di bawah penjagaan ketat dua bek lawan, pemain jebolan Timnas U-19 itu dengan tenang melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang Kamboja.

Garuda Muda kembali menambah keunggulan setelah Muchlis mencatatkan hatrick perdananya di ajang SEA Games pada menit ke-74. Pemain kelahiran Oktober 1196 itu sukses menyambar bola liar hasil tendangan jarak jauh Evan Dimas yang membentur mistar gawang.

Indonesia menegaskan dominasinya atas Kamboja pada menit ke-85 melalui Wawan Febrianto. Kolaborasi umpan one-two dengan Muchlis, berhasil diselesaikan dengan tendangan mendatar yang tidak mampu dijangkau oleh Serei Rath.

Di akhir pertandingan, Evan Dimas menambah keunggulan Garuda Muda menjadi 6-1. Pemain asal klub Persebaya Surabaya itu mendapat umpan matang yang dilepaskan oleh Wawan dari sisi kanan pertahanan Kamboja.

Susunan pemain Indonesia U-23 vs Kamboja U-23:

Indonesia (4-3-3): Teguh Amirudin; Saiful Indra, Agung Prasetyo, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Adam Alis, Zulfiandi (Hansamu Yama 85'), Evan Dimas; Paulo Sitanggang (Wawan Febrianto 59'), Ahmad Noviandani (Ilhamudin 74'), Muchlis Hadi.

Kamboja (3-5-2): Um Serei Rath; Nen Sothearoth, Soeuy Visal, Sam Oeun Pidor (Sovan Sok 20'); Prak Mony Udom, Hoy Phallin, Keo Sokpheng (Chan 61'), Sos Suhana, Tit Dina; Ngoy Srin, Chhin Chcoeun.

Baca Juga:

Brunei Gagal Jadi Tuan Rumah Sea Games 2019

Atlet Kano Indonesia Sabet Medali Emas Pertama di Sea Games 2015

Kemeriahan Pembukaan SEA Games 2015

Tim Renang Indonesia Raih Mendali Pertama di SEA Games 2015

Kemenangan Tim Renang Indonesia di SEA Games 2015



Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH