Scrolling TikTok Sebelum Tidur Dapat Mempengaruhi Mimpi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 08 Juli 2021
Scrolling TikTok Sebelum Tidur Dapat Mempengaruhi Mimpi
Kebiasaan scrolling tiktok sebelum tidur akan mempengaruhi mimpi. (Foto: Pexels/Cottonbro)

RUTINITAS malam sebelum tidur pada setiap orang berbeda-beda. Mungkin beberapa dari kamu memiliki kebiasaan menyikat gigi lalu minum segelas susu hangat sebelum akhirnya tidur. Pada perempuan terkadang memiliki kebiasaan memakai skin care malam untuk menjaga kelembaban kulit. Ada juga yang mungkin bermain gim beberapa ronde sebelum tidur.

Kebiasaan lain yang paling sering ditemui pada saat ini adalah scrolling TikTok. Banyak yang menjadikan TikTok sebagai bagian dari hiburan malam sebelum tidur. Di TikTok kamu akan menemukan banyak sekali hiburan yang berbeda-beda mulai dari tarian, komedi, potongan film horror, cerita-cerita mistis bersejarah bahkan kasus-kasus pembunuhan. Hiburan-hiburan ini nyatanya akan memengaruhi pikiranmu dan kemungkinan akan membuatmu memikirkan hal tersebut saat sedang tidur.

Baca juga:

Dating Burnout, Kondisi Jenuh dalam Menjalin Suatu Hubungan

Melansir dari Bustle, sebuah studi di Frontiers in Psychology menemukan mimpi buruk dan mimpi stres menjadi hal yang biasa, dan sering terjadi. Hal-hal yang terlintas atau mengganggu pikiranmu sebelum tidur bisa muncul lagi saat kamu tertidur. Sehingga TikTok dapat memengaruhi mimpimu dengan mengacaukan pola tidur.

Tiktok menyebabkan anda begadang. (Foto: Pexels/Cottonbro)
Tiktok menyebabkan anda begadang. (Foto: Pexels/Cottonbro)

Masih dari Bustle, Sanam Hafeez Psy.D. seorang neuropsikolog memberitahu Bustle bahwa setiap kali kamu menelusuri TikTok, otak akan melepaskan sedikit dopamin yang membuat kamu tetap berada di aplikasi sampai melewati waktu tidur. Lingkaran dopamin ini dapat memengaruhi mimpi dengan merampas waktu tidurmu.

Baca juga:

Tips Jitu Atasi Stres Selama Kehamilan

Hafeez mengatakan bahwa jika kamu begadang di TikTok sepanjang malam dan membiarkan lampu terang dari ponsel mengacaukan ritme sirkadian yang memberi tahu tubuh kamu kapan harus tidur dan bangun, kamu kemungkinan akan mengalami kesulitan tidur. Hasilnya mimpi yang sangat jelas tentang hal terakhir yang kalian lihat akan terjadi. Para peneliti mencatat dalam The Conversation pada tahun 2020 bahwa ketika orang kurang tidur, mereka cenderung bermimpi lebih banyak, dan mimpi-mimpi itu lebih intens.

TikTok mempengaruhi kualitas tidur. (Foto: Pexels/Johnmark Smith)
TikTok mempengaruhi kualitas tidur. (Foto: Pexels/Johnmark Smith)

Konten TikTok yang emosional tentunya dapat lebih mempengaruhi mimpi kamu. TikTok tidah hanya sekedar hiburan. Jika TikTok memberi kamu semacam dukungan emosional, kemungkinan besar itu akan memengaruhi mimpimu. Respon emosional yang kuat terhadap TikTok dapat membuat munculnya ingatan terhadap suatu peristiwa dengan emosi yang sangat kuat yang berkaitan dengan hal yang pernah kamu alami.

Kemungkinan besar TikTok yang kamu lihat hari ini juga akan masuk ke dalam mimpi kamu malam ini. Menurut banyak penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam Cognitive Neuroscience of Memory Consolidation pada tahun 2017, pengalaman baru biasanya lebih mungkin untuk diimpikan, tetapi yang paling umum adalah jika insiden itu berkesan dan terus menjadi pikiranmu. (Tel)

Baca juga:

Ahli Gizi: Wahai Orang Indonesia, Susu Beruang Tak Bisa Sembuhkan Covid-19

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan