Film

Scoring Musik Film 'Sri Asih' akan Dirilis secara Digital

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 23 Oktober 2022
Scoring Musik Film 'Sri Asih' akan Dirilis secara Digital
Scoring musik film Sri Asih akan dirilis secara digital. (Foto: Jagat Bumi Langit)

MENJELANG penayangan film Sri Asih pada 17 November, scoring musik yang digubah Aghi Narottama, Bemby Gusti & Tony Merle akan dirilis digital di berbagai platform musik, seperti Apple Music, Spotify, Deezer, Joox, Amazon Music, Tidal, dan Google Play Music.

Secara total, ada 26 komposisi scoring yang akan dirilis. Aghi Narottama menceritakan proses kreatif yang dilewatinya bersama Bemby dan Tony. “Musik Sri Asih dibuat dengan konsep symphonic distortion. Kami mencoba menggabungkan unsur musik score yang bernuansa orchestral dengan musik rock yang cenderung heavy dengan sentuhan sedikit electronica," jelasnya.

Ia menambahkan nuansa dalam scoring itu mewakili karakter keras Alana ketika ia belum menjadi Sri Asih. Saat ia menjadi Sri Asih, karakternya berubah menjadi elegan.

Baca juga:

Film 'Sri Asih' Gunakan 60 Persen CGI

Pevita Pearce bintangi film 'Sri Asih'. (Foto: Instagram/@pevpearce)

"Untuk musk rock-nya, saya banyak mendengarkan kembali koleksi rock yang bernuansa modern metal juga dengan elemen elektronika, tapi tidak terlalu hardcore untuk kami kembangkan dengan musik orkestra. Walaupun Sri Asih dari Jawa, saya justru menghindari memberikan terlalu banyak unsur tradisional Jawa di musiknya," terang Aghi.

Unsur tradisional Jawa menurut Aghi tetap ada, tapi ia masukkan ke beberapa nada pelog yang melebur di antara musik rock dan orkestra untuk mewakili akar budaya Jawa pada Sri Asih. Alasannya, ia ingin Sri Asih menjadi pahlawan bagi seluruh suku, bukan hanya Jawa.

Di 2019 Aghi Narottama, Bemby Gusti & Tony Merle mendapatkan nominasi Piala Citra di kategori Penata Musik Terbaik untuk film Gundala. Tahun ini, mereka kembali bersama menggarap film berikutnya di Jagat Sinema Bumilangit Sri Asih. Di film Gundala, Sri Asih sudah muncul dan Aghi bersama Bemby dan Tony membuat musiknya.

Baca juga:

Curhatan Upi Ketika Menggarap Film 'Sri Asih'

"Sebetulnya sejak film Gundala, Sri Asih sudah muncul di salah satu adegannya dan walau saat itu kami belum tahu apakah akan menggarap musik Sri Asih atau tidak, saya buat saja sample musiknya berdasarkan yang saya lihat di film Gundala. Ternyata memang Alhamdulillah kami yang diberi kepercayaan sebagai music director-nya," lanjutnya.

Ia mengaku, setelah didapuk menjadi music director untuk film Sri Asih, ia langsung memberikan sejumlah sampel yang telah terlebih dahulu ia buat. Upi dan Joko Anwar sebagai produser Sri Asih langsung menyukai sampel-sampel tersebut. Salah satunya bahkan dijadikan sebagai musik tema Sri Asih.

"Upi sendiri memberikan brief tentang Sri Asih sebagai karakter yang penuh dengan tantangan baik konflik dari dalam Alana sendiri maupun dari luar. Walau begitu, dia tak pernah takut menghadapi tantangan," ucapnya.

Bagi Aghi, Sri Asih menjadi wakil dan simbol kekuatan bagi perempuan Indonesia dengan sifat heroik yang siap membela kebenaran. Sri Asih punya karakter yang sangat elegan, cantik luar dan dalam, tapi saat berjuang untuk kebenaran, ia tak akan lari dari medan pertarungan. (waf)

Baca juga:

Alasan Pevita Pearce Jadi Sri Asih Walau Wajahnya Blasteran

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan