SCAI Kembali Lakukan Penyesuaian ICE 2020 untuk Hindari Virus Corona ICE 2020 diundur hingga Juli 2020 (Foto: Istimewa)

SEBELUMNYA, event kompetisi kopi Indonesia Coffee Events (ICE) 2020 di Bali dipindahkan ke Jakarta karena virus Corona atau COVID-19.

Rencananya kompetisi kopi Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Taster Championship (ICTC), dan Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) tetap dihelat di tanggal yang sama di Jakarta, yakni 16-18 April 2020.

Baca juga:

Hindari Corona, SCAI Lakukan Penyesuaian ICE 2020 Bali

Namun, untuk menanggapi wabah virus Corona lebih serius, ketiga kompetisi tersebut akan diundur hingga bulan Juli mendatang. Hal tersebut diungkapkan melalui keterangan tertulis yang diterima merahputih.com dari Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI), pihak penyelenggara ICE 2020.

Para finalis IBC, salah satu kompetisi kopi ICE 2020 yang dihelat pada Februari 2020 lalu (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

SCAI melakukan pengunduran ini demi keamanan dan kepentingan bersama. "Atas kondisi pandemi Corona saat ini, dengan berat hati kami terpaksa melakukan penundaan hingga 22-24 Juli di Jakarta," tulis keterangan dari SCAI.

Menurut SCAI, ICE 2020 akan diundur lantaran pemberitahuan terbaru dari World Coffee Events (WCE), pihak yang menaungi kompetisi kopi tingkat dunia.Pemenang ILAC dan ICTC nantinya memang akan dikirim ke Warsawa, Polandia untuk mewakili Indonesia pada ajang World Latte Art Championship (WLAC) dan World Cup Taster Championship (WCTC).

Baca juga:

Mengenal Cindy Marta, Finalis Perempuan Satu-satunya di IBC 2020

Kompeti WLAC dan WCTC akan diundur hingga bulan Oktober 2020. Oleh karena itu, mau tidak mau ILAC dan ICTC juga harus mengikuti pengunduran jadwal yang sudah ditetapkan WCE. "Pengunduran jadwal WLAC dan WCTC menjadi 15-17 Oktober 2020," tulis keterangan itu.

WLAC dan WCTC akan diundur hingga Oktober 2020 (Foto: MP/Leonard)

SCAI juga menyatakan, dengan adanya pengunduran ini diharapkan para peserta dapat menjaga kondisi kesehatan mereka. Selain mengadakan kompetisi kopi profesional, bagi SCAI, mengedepankan kesehatan juga menjadi prioritas utama. "Kesehatan merupakan hal paling utama yang harus menjadi proritas kita bersama. Stay safe!,"tutup keterangan SCAI. (ikh)

Baca juga:

Selamat! Santoso Ardiansyah Siap Wakili Indonesia di WBrC 2020

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo