SBY Sindir Netralitas Aparat Dalam Pidatonya, KIK: UU Sudah Mengatur Itu. Sekjen Partai Nasdem yang juga Wakil Ketua TKN KIK Johnny G Plate (kiri) (MP/Fadhli)

MerahPutih.com- Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memprediksi situasi nasional jelang Pemilu 2019 akan semakin memanas. Netralitas aparat akan diuji pada saat itu.

"Kita akan diuji, apakah perangkat negara, termasuk intelijen, kepolisian, dan militer, netral dan tidak berpihak. Ingat, TNI, Polri, dan BIN adalah milik negara, milik rakyat Indonesia. Akan mencederai sumpah dan etikanya kalau aparat negara tidak netral," kata SBY saat berpidato pada HUT Partai Demokrat ke-17, Senin (17/9) kemarin.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Johnny G Plate menilai, apa yang disampaikan SBY sudah sesuai aturan dan UU, aparat memang harus netral dan tidak boleh memihak.

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono

"Ya memang UU sudah mengatur itu, bukan cuma Pak SBY sebagai Ketum partai," ujar Johnny di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Sekjen Partai NasDem itu mengatakan, tak hanya aparat keamanan dan ASN yang diharuskan bersikap netral, bahkan pejabat negara juga harus netral dan bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Sebab, menurutnya gelaran pemilu tidak hanya untuk kepentingan segelintir orang atau golongan tertentu melainkan untuk semua pihak.

"Pak Joko Widodo sebagai Presiden juga, dan minta tentu gubernur, bupati, wali kota, pastikan ASN netral polri netral sesuai tupoksi masing-masing," ucapnya. (*)

Baca Berita Menarik Lainnya: Banyak Godaan, SBY Sebut Pemilu 2019 Akan Semakin Panas



Fadhli

LAINNYA DARI MERAH PUTIH