SBY Segera Umumkan Bergabungnya Demokrat ke Koalisi Jokowi? Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Foto: MP/Ponco

MerahPutih.Com - Jarang mendapat sorotan dalam wacana koalisi Jokowi-Ma'ruf, Partai Demokrat justru diprediksi lebih mulus bergabung dengan pemerintahan ketimbang partai-partai anggota Koalisi Indonesia Adil Makmur lainnya.

Diplomasi siturahmi lebaran yang dilakukan Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudyono dan adiknya yang juga Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono memuka peluang bergabung dengan koalisi Jokowi.

Baca Juga: Usulkan Koalisi Dibubarkan, Partai Demokrat Mengada-ada

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengungkapkan Partai Demokrat siap memperkuat pemerintahan Jokowi di periode kedua.

Politisi Demokrat Ferdinand Hutahaean
Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean (Foto: antaranews)

"Kalau ditanya kemana arah politik Partai Demokrat ya, arahnya adalah untuk memperkuat pemerintahan Pak Jokowi ke depan," kata Ferdinand kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/8).

Dia pun menyebut komunikasi politik dengan pihak-pihak yang ada di lingkaran Jokowi terus terjalin intensif.

Ferdinand menegaskan arah politik tentang dukungan kepada Jokowi itu merupakan sikap resmi PD. Dia mengatakan sang ketua umum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akan mengumumkannya pada saat yang tepat.

"Namun akan disampaikan secara resmi pada saat yang tepat nanti baik oleh ketum langsung atau sekjen (Hinca Pandjaitan)," tutur dia.

Baca Juga: PAN dan Demokrat Gabung Koalisi Jokowi, Soetrisno Bachir: Keduanya Banyak Maslahatnya

Untuk mewujudkan langkah tersebut, Demokrat terus menjalani komunikasi dengan semua pihak yang dianggap perlu dilakukan untuk bisa mewujudkan kontribusi itu secara nyata.

Bagi Ferdinand, suatu kehormatan bagi Partai Demokrat apabila berada di dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Sehingga bisa memberikan kontribusi dalam mengelola pemerintahan lima tahun ke depan.

“Kalau Pak Jokowi mau mengajak Partai Demokrat, kita akan siap mendukung beliau,” tandasnya.(Knu)

Baca Juga: PDIP: Demokrat Gabung Koalisi Jokowi Bukan Hal Aneh



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH