Pilpres 2019

SBY Sebut Jalan Koalisi dengan Gerindra Terbuka Lebar

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 24 Juli 2018
SBY Sebut Jalan Koalisi dengan Gerindra Terbuka Lebar
Pertemuan SBY dan Prabowo Subianto yang ditemani Ketua Kogasma AHY (Foto: Imelda Sari/Rizki Abror)

MerahPutih.Com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman SBY kawasan Mega Kuninga, Jakarta, Selasa (24/7) malam.

Dalam keterangan pers kepada awak media seusai melakukan pembicaraan enam mata dengan Prabowo dan Ketua Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono, SBY mengatakan jalan koalisi antara partainya dengan Gerindra terbuka lebar.

"Saya harus katakan jalan untuk membangun koalisi dengan Gerindra terbuka lebar. Apalagi setelah kami berdua sepakat atas apa yang menjadi persoalan bangsa lima tahun kedepan, sepakat atas apa yang diharapkan rakyat hingga tingkat akar rumput," kata SBY seusai berbicara dengan Prabowo.

Perttemuan SBY dan Prabowo
SBY dan Prabowo bersalaman sebelum melakukan pertemuan tertutup (Foto: Partai Demokrat/Hinca Panjaitan)

Prabowo berada di dalam kediaman SBY sekitar dua jam, sejak kedatangan pukul 19.23 WIB hingga keduanya keluar rumah pukul 21.30 WIB dan menggelar konferensi pers.

Sebagaimana dilansir Antara, SBY mengatakan masalah koalisi akan dibahas secara lebih mendalam melalui pertemuan-pertemuan berikutnya. Menurut SBY syarat terciptanya koalisi dengan Gerindra sudah ada.

"Saya dan Pak Prabowo juga punya pandangan sama bahwa syarat koalisi sebetulnya tersedia. Koalisi efektif dan kokoh harus berangkat dari niat baik 'good will', harus saling menghormati 'mutual respect', saling percaya 'mutual trust' dan harus memiliki 'chemistry' yang baik. Kalau syarat ini terpenuhi, disamping ada kesamaan visi-misi dan pemahaman tentang persoalan rakyat, saya yakin jalan terbuka dengan baik," jelas SBY.

SBY dan Prabowo
SBY menerima Prabowo di kediamannya di Kuningan, Jakarta Selatan (MP/Ponco)

SBY mengaku belum membahas mengenai capres-cawapres dengan Prabowo. Hal itu akan dibicarakan dalam pertemuan lanjutan.

Sementara itu Prabowo Subianto mengakui" chemistry" antara Gerindra dengan Demokrat saat ini sangat baik, karena dilatarbelakangi pemikiran yang sama-sama sangat prihatin terhadap kondisi perkembangan bangsa, terutama keadaan ekonomi bangsa.

"Intinya kami bertekad dalam hari-hari akan datang akan mengadakan pertemuan-pertemuan lebih teknis menuju suatu koalisi untuk memberikan solusi kepada rakyat," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan pertemuan mendatang akan dilakukan oleh tim kecil Gerindra dan Demokrat.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: SBY Minta Wartawan Sabar Soal Hasil Pertemuannya Dengan Prabowo

#Susilo Bambang Yudhoyono #Prabowo Subianto #Partai Demokrat #Partai Gerindra #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan