SBY Ingatkan Perwira Aktif yang Terjun ke Politik Ikuti Aturan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 05 Januari 2018
SBY Ingatkan Perwira Aktif yang Terjun ke Politik Ikuti Aturan
Ketua Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato politik di kantor Sekretariat DPC Partai Demokrat, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1). (Twitter

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyindir para calon kepala daerah dari institusi TNI/Polri yang berstatus masih perwira aktif. Dalam pernyataannya, SBY meminta perwira aktif aparat baik dari unsur TNI atau Polri yang terjun ke politik untuk maju dalam pemilu mengikuti aturan sesuai ketentuan.

"Personel TNI dan Polri yang ingin maju, ada ketentuan dan aturan mainnya, patuhi dan jangan dilanggar. Jangan sampai tindakan para perwira aktif menjadi pergunjingan masyarakat luas karena melanggar etika dan kepantasan politik," katanya di kantor Sekretariat DPC Partai Demokrat, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1).

Seperti diketahui, salah satu calon kepala daerah yang masih perwira aktif adalah Letjen Edy Rahmayadi, yang maju dalam Pilkada Sumatra Utara sebagai calon gubernur. Letjen Edy mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebelumnya, Partai Demokrat menyinggung ketidakadilan yang dialami para kader Demokrat ketika mengikuti ajang pilkada. Ketidakadilan yang dialami Demokrat di Pilkada Papua, dialami calon petahana Lukas Enembe yang juga menjabat Ketua DPD Demokrat Papua sewaktu hendak kembali mencalonkan diri di Pilkada Papua.

Kemudian, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang yang juga menjabat Ketua DPD Demokrat Kalimantan Timur mendapat intimidasi agar dirinya mau dipasangkan dengan Kapolda Kaltim Irjen (Pol) Safaruddin. Padahal, Syaharie Jaang sudah sepakat akan maju dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Setelah Partai Demokrat menolak, ada laporan atas nama Syaharie Jaang di Bareskrim Polri. (*)

#Partai Demokrat #Susilo Bambang Yudhoyono #Pilkada Serentak
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan