Sayuran Pahit yang Jadi Makanan Favorit, Sudah Ketebak Kan Pertama Apa? Takoka. (Foto: Instagram@mrs.ffitriyaa)

SAYURAN punya tempat tersendiri dalam dunia kuliner Indonesia. Selain diolah dengan berbagai teknik masak, sayur dimakan mentah begitu saja menjadi lalapan. Bahkan ada yang merebusnya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Sayuran mentah atau yang direbus, enak dicocol dengan sambal. Perpaduan lalapan dan sambal cocok dijadikan teman nasi. Lauk pauknya juga biasanya sederhana, goreng ikan laut atau tawar, bahkan hanya ikan asin.

Dari beragam jenis sayuran yang biasa diolah sebagai makan di Indonesia, ada jenis yang memiliki rasa pahit. Tapi, kemudian diolah sehingga berasa pahitnya menurun. Sebagian orang tetap mengonsumsinya segar-segar.

Berikut merahputih.com sajikan 5 sayuran dengan rasa pahit yang jadi makanan favorit;

1. Pare

Pare atau paria. (Foto: Instagram/umimaesaroh14)
Pare atau paria. (Foto: Instagram@umimaesaroh14)

Ini sayuran paling pahit. Merahputih.com posisikan sebagai makanan terpahit pertama di Indonesia. Pare atau paria yang dijadikan makanan yaitu sayuran berbentuk buah dari pohon yang merambat. Bentuknya lonjong mirip ketimun dengan permukan tidak rata.

Pare yang berwarna hijau ini selalu diolah dengan cara dimasak karena terlalu pahit jika dimakan segar-segar. Pengolahan paling umum yaitu ditumis dengan beragam bumbu rempah supaya rasanya tersamarkan.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya dan petai. (Foto: Instagram/desi7901)
Daun pepaya dan petai. (Foto: Instagram@desi7901)

Daun pepaya merupakan sayuran paling pahit kedua versi merahputih.com. Daun pepaya biasa digunakan sebagai lalapan dengan dicocol sambal. Rasanya sangat pahit tapi sebagian orang sangat suka karena cocok dengan nasi putih.

Daun pepaya dimakan mentah. Tapi lebih banyak dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus. Semakin lama rebusan makan semakin empuk dan rasa pahitnya berkurang. Selain daunnya, pepaya bagian bunga juda dijadikan bahan makanan meski rasanya pahit.

Baca artikel lainnya: Kuliner Tradisional Berbahan Bunga, Kepikiran Gak Sih?

3. Leunca dan Takokak

Leunca. (Foto: Instagram/kebunnyabinarbumi)
Leunca. (Foto: Instagram/kebunnyabinarbumi)

Leunca (Solanum nigrum L) disebut juga ranti merupakan jenis buah yang dimakan jenis terong-terongan . Bentuknya sangat kecil sebesar ujung jari kelingking orang dewasa. Leunca biasa dimakan mentah dengan sambal, dibuat tumis oncom, atau menjadi bahan tambahan untuk sayur bening atau lodeh. Rasanya pahitnya pecah ketika digigit.

Takoka. (Foto: Instagram/arshantibimalia)
Takokak. (Foto: Instagram@arshantibimalia)

Sementara takokak (Solanum torvum Sw)yaitu buah yang mirip leunca yang juga jenis terung-terungan. Takokak dengan leunca bisa dibedakan di antaranya dari batang. Takokak memiliki batang, ranting, dan daun yang berduri. Buah yang seukuran dengan leunca ini meski pahit banyak disukai. Biasanya dimakan mentah sebagai lalapan atau dijadikan bahan sayur.

4. Kenikir

Kenikir. (Foto: Instagram/kebun_yan)
Kenikir. (Foto: Instagram@kebun_yan)

Kenikir merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Latin. Daun kenikir bagian pucuk biasa dijadikan lalapan di sebagian daerah dengan rasa yang pahit dengan aroma sangat harum. Kenikir biasa dicocol sambal dan sangat cocok sebagai lalapan makan siang.

5. Daun Singkong

Daun singkong. (Foto: Instagram/ida_sarno)
Daun singkong. (Foto: Instagram@ida_sarno)

Nah, daun singkong berada di urutan terakhir sebagai sayuran dengan rasa pahit. Sebagian orang mengatakan daun singkong tidak pahit. Daun singkong bagian pucuk biasa dijadikan lalapan dengan terlebih dahulu direbus. Rasa pahit daun singkong biasanya tergantung berapa lama direbus, semakin lama direbus rasa pahitnya semakin hilang.

Daun singkong selain dimakan jadi lalapan juga dimasak dengan cara digulai atau ditumis. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Resep Nasi Tumpeng, Bisa Jamu Teman saat Ulang Tahun

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH