Sayuran ini Lebih Baik Dimasak Terlebih Dahulu Sayur memberikan nilai nutrisi baik bagi tubuh. (Foto: Pexels/Eneida Nieves)

SAYURAN sangat baik untuk tubuh. Serat yang ada dapat membantu sistem pencernaan. Sedangkan vitamin dan mineral di dalamnya akan memenuhi kebutuhan yang duperlukan diperlukan di dalam tubuh. Memakan sayuran mentah diyakini lebih baik. Namun tidak semua sayuran memberikan manfaat yang lebih baik bila hanya dimakan mentah saja.

Menurut penelitian dari John Hopkins University yang dimuat dalam laman lifehack, menyebutkan ada beberapa sayuran yang memang harus dimasak terlebih dahulu. Ketika dimasak maka dinding sel akan pecah dan melepaskan zat dan mineralnya untuk lebih mudah diserap oleh tubuh.

Ahli nutrisi dan kesehatan di kota New York, Alissa Rumsey MS, RD, CSCS, mengatakan dengan panas dapat membuka dindin sel dan tubuh mudah menyerapnya.

Didukung pula oleh pernyataan dari Dr. Josh Axe, nutrisionis dari Ancient Nutrition and DrAxe.com yang dilansir dalari laman lifehack, menyebutkan bahwa memasak sayuran dapat membuat lebih bioavaible.

Memang tidak semua sayuran dapat dimasak, berikut beberapa sayuran yang memberikan manfaat lebih bila dimasak seperti ditulis dalam lama lifehack.

Wortel

wortel
Wortel memberikan manfaat lebih bila dimasak terlebih dahulu. (Foto: Pexels/mali maeder)

Betakarotin yang ada pada wortel akan berubah menjadi vitamin A ketika dimasak. Satu porsi wortel yang direbus mengandung lebih dari 21 ribu IU (international units) vitamin A. Sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh yang hanya 3 ribu IU.

Bok choy

bok choy
Bok menurun risiko beberapa kanker. (Foto: Pixabay/fshnextension)

Sayuran yang hanya ada di Asia ini memiliki manfaat yang sama dengan wortel. Panas membuat beta karotin berubah menjadi vitamin A. Mengonsumsi bok choy dapat menurunkan risiko kanker paru, prostat dan usus.


Asparagus

asparagus
Asparagus adalah aphrodisiac alami. (Foto: Pexels/pixabay )

Memasak asparagus memberikan nilai lebih pada manfaat di tubuh. Dinding sel yang pecah membuat antioksidan berubah menjadi quercetin sebanyak 98%. Menurut Axe, asparagus adalah aphrodisiac alami yang terbentuk dari folate dan vitamin B6 yang keluar karena dimasak.


Tomat

tomat
Dengan dimasak tubuh dapat menyerap manfaat dari tomat. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Struktur molekul lycopene akan langsung berubah ketika dimasak dan ini memungkinkan tubuh dengan mudah menyerapnya. Tomat juga sangat berguna bagi perlindungan mata dari sinar yang sangat terang. Karena mengandung carotenoid yakni lutein dan lycopene.

Jamur Shiitake

jamur shiitake
Jamur shiitake sebaiknya dipanggang. (Foto: Pixabay/Rhg0909)

Jamur ini mengandung phytonutrients yang memungkinkan sel tetap berada pada dinding aliran darah. Menurut penelitian yang dimuat pada International Jornal of Food Sciences, shiitake sebaiknya dimasak dengan dipanggang atau dimasukan ke microwave. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo