Kucai Tumis, Alternatif Tepat Teman Ketupat Ilustrasi. (Pixabay/ bazinga1k980)

SEBENTAR lagi Idul Fitri. Pada hari kemenangan, kemeriahan hari raya tak hanya diisi dengan kumpul keluarga dan teman, tetapi juga beragam sajian Lebaran. Kuliner Lebaran kerap menjadi obat pengusir rasa kangen terhadap keluarga setiap tahunnya.

Salah satu kuliner khas Lebaran adalah ketupat. Ketupat sudah menjadi menu wajib saat Lebaran di beberapa daerah. Di kota-kota yang tak punya hasil alam kelapa, bahan pembuatan ketupat yaitu kelapa muda atau janur didatangkan dari daerah-daerah sekitarnya. Sehingga, tak ada kelapa tak menghilangkan keinginan untuk membuat ketupat hari raya.

Ketupat tidak dimakan langsung. Ketupat seperti halnya nasi selalu disajikan dengan beragama sajian lauk pauk dan sayuran. Salah satu yang mungkin paling kamu kenal adalah opor ayam. Opor ayam memang sangat identik dengan ketupat Lebaran. Akan tetapi, tahukah kamu ada sayur kucai pelengkap sajian ketupat?

Sayur kucai merupakan sayur tumis dari bawang kucai. Kucai dimasak dengan sedikit kuah dan dicampur dengan bawang goreng. Sayur kucai ini sangat cocok dimakan dengan ketupat. Biasanya ketupat dipotong-potong dan dicampurkan dengan sayur kucai atau hanya dicocol.

Kucai (tengah-berumbi putih) dengan sayuran lain. (Pixabay/ Waldkunst)
Kucai (tengah-kiri berumbi putih) dengan sayuran lain. (Pixabay/ Waldkunst)

Sayur kucai untuk sajian ketupat dapat ditemukan di wilayah Banten. Sayur kucai biasa dibuat pada hari-hari raya atau pertengahan bulan Ramadan saat tradisi membuat ketupat. Sayur kucai memiliki rasa gurih dengan harum khas umbi kucai. Kucai berwarna putih dan lembut di tenggorokan.

Sayur kucai ini dinakaman kalia kucai. Kalia kucai juga dicampur dengan bahan lain seperti taoge, irisan tempe, dan tahu. Kadang-kadang juga dicampur dengan cincang jeroan ayam. Kalia kucai ini sangat pas dimakan dengan ketupat.

Kalia kucai sangat jarang dibikin. Itu karena bahan kucai sangat sulit ditemukan. Kucai hanya ada pada pertengahan bulan puasa ketika dimulai membuat ketupat. Kucai atau bawang kucai biasa digunakan dalam tradisi memasak Tiongoa atau Jepang. Nama kucai sendiri berasal dari bahasa Hokian yaitu "ku-chhai".

Kamu penasaran bagaimana resep sayur kucai? Berikut merahputih.com sajikan resep sayur kucai yang dipadukan dengan tongkol, seperti dikutip dari Cookpad;

Bahan-bahan

10 iris ikan tongkol pindang

10 buah tahu kopong (potong)

250 gram tauge

daun kucai/kucai secukupnya

500 ml santan (kental sedang)

1 sendok makan margarine

Gula secukupnya

Garam secukupnya

Pedagang menyelesaikan pembuatan kulit ketupat di Pekanbaru, Senin (11/6). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pedagang menyelesaikan pembuatan kulit ketupat di Pekanbaru, Senin (11/6). (Foto: SNTARA FOTO/Rony Muharrman)

Bumbu iris

2 buah cabe merah potong serong

20 buah cabe rawit potong

6 siung bawang putih

3 buah bawang merah

Lengkuas satu ruas jari


Langkah

1. Goreng ikan tongkol setengah matang. Sisihkan.

2. Potong tahu dan tauge dan daun kucai cuci bersih. Sisihkan.

3. Potong-potong semua bumbu iris.

4. Lelehkan margarine. Tumis bumbu sampai harum. Tambahkan santan dan masukkan gula dan garam (koreksi rasa).

5. Masukkan tahu dan ikan tongkol goreng tunggu sampai bumbu sedikit meresap.

6. Masukkan taoge dan irisan daun kucai. Matikan kompor. Angkat dan sajikan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ketupat Punya Beragam Nama

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH