Sayangilah Mata Anda!

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 20 Oktober 2017
Sayangilah Mata Anda!
Jangan mengucek mata. (Foto: youtube)

MATA adalah salah satu organ yang paling penting. Namun orang-orang kerap mengabaikan kesehatannya. Ada berbagai alasan yang membuat seseorang mengabaikannya.

Menatap layar komputer sepanjang hari membuat mata letih. Belum lagi memelototi layar ponsel termasuk yang menyumbangkan keletihan pada mata.

Mata Anda harus beristirahat dari pekerjaan yang meletihkan. Terkadang mata perih atau gatal merupakan pertanda iritasi, namun kita biasanya mengucek-ucek mata untuk meringankannya. Kemudian kembali lagi menatap layar. Kondisi ini semakin memperburuk kesehatan mata.

Ketika Anda mengucek-ucek mata memang terasa melegakan. Namun sebenarnya semakin memperburuk keadaan. Mengucek-ucek mata melepaskan histamin yang semakin membuat mata gatal.

Mengucek-ucek mata bukanlah cara yang benar. Mata memerlukan pelumasnya di saat kering. Dapat dibayangkan seseuatu yang kering kemudian digosok tentunya akan menimbulkan goresan. Begitu juga ketika mata kemasukan benda asing, tidak dibenarkan untuk menguceknya. Semakin mengucek maka semakin terdorong masuk benda itu. Semakin barang bila kornea tergores.

Mata yang kelelahan ditandai dengan warna gelap seputaran mata. Itu merupakan tanda saluran darah kecil yang ada di mata pecah dan naik ke permukaan. Biasanya akibat mengucek mata disaat tidur.

Jangan pernah sekali-kali menyentuh mata Anda kalau tangan Anda kotor. Bakteri yang ada di tangan dapat dengan mudah masuk ke mata. Alhasil mata dapat terinfeksi. Ini yang sangat berbahaya, Anda bisa kehilangan kemampuan penglihatan.

Memakai lensa kontak sebenarnya bukan pilihan yang baik. Sebab menghalangi kebutuhan mata mendapatkan oksigen. Celakanya pemakai lensa kontak tanpa disadari mengucek mata. Ini membuat kornea tergores dan berisiko terinfeksi.

Jangan pernah sekali-kali menyentuh mata meskipun gatal. Sebab risikonya lebih besar sekedar gatal pada mata. Kalau toh terpaksa ambil tisu dan sekalah bukan dikucek.

Memakai obat tetes mata adalah jalan terbaik untuk menyingkirkan partikel yang memasuki mata. Cairannya tetap dapat melumaskan mata dan membuat mata lebih segar. Namun jangan pernah memakainya berlebihan. (psr)

#Kornea Mata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan