Sayangi Telinga, Begini Cara Benar Pakai Earphone Mendengar musik pakai earphone boleh saja, tapi cara pakainya harus benar. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

SAAT menghadapi kemacetan, belajar, bekerja, atau bahkan berolahraga, earphone jadi benda yang lekat dengan gaya hidup kekinian. Tak hanya untuk mendengarkan musik, tapi lebih daripada itu untuk menonton video.

Menggunakan earphone ada sisi positifnya juga sih. Kamu bisa enjoy mendengarkan musik tanpa mengganggu orang di sekitar.

Baca Juga : Gawai ini memungkinkan Kamu Untuk Mendengarkan Musik di Dalam Air

1. Bakteri di earphone bisa membuat telinga sakit

earphone
Awas, ada bahaya mengintai di balik penggunaan earphone. (foto: pixabay/sweetlouise)

Meskipun demikian, memakai earphone dengan cara yang salah juga berpotensi merusak telinga kamu lo. Volume yang kelewat kencang sudah pasti akan menyakiti telingamu. Selain itu, kebersihan earphone juga bisa memengaruhi indra pendengaranmu.

Seperti dilansir Hellosehat, earphone yang kotor merupakan ladang tumbuh kembang bakteri. Berdasarkan penelitian dari Chiranjay M dan timnya, earphone yang kotor setidaknya menjadi rumah bagi 68% bakteri.

2. Earphone bisa sebabkan infeksi telinga

earphone
Earphone yang enggak bersih jadi sarang bakteri. (foto: pixabay/skitterphoto)

Selain itu, kebiasaan meminjamkan earphone kepada orang lain juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri. Keberadaan bakteri-bakteri tersebut di earphone dapat meningkatkan risiko kamu terkena infeksi telinga yang kerap dikenal dengan sebutan otitis eskterna.

Infeksi telinga itu bisa bikin telinga kamu selalu terasa nyeri, baik saat diam maupun mengunyah.Selain itu, telinga akan mengeluarkan cairan berbau. Bila sudah terinfeksi, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter THT terdekat.

Baca Juga : Ini Dia Dampak Fatal Earphone pada Telinga Anda

3. Cara pakai earphone yang baik

people, earphones
Jangan mendengarkan musik terlalu kencang. (foto: Pixabay/stocksnap)

Sebelum hal itu terjadi, mulai sekarang ubahlah caramu memakai earphone dengan benar. Berikut tips cara benar memakai earphone.

  • Dengarkan musik dengan volume setengah dari volume kebisingan

  • Batasi pula volume suaranya maksimal 85 dB.

  • Jangan gunakan earphone melebihi 1,5 jam dalam satu kali sesi. Beri waktu telinga kamu buat sesekali beristirahat sebelum larut mendengarkan musik lagi.

  • Bersihkan earphonemu dan jangan membiasakan diri berbagi earphone dengan orang lain.

  • Bila Anda akan melakukan suatu aktivitas di tempat bising, cobalah luangkan waktu untuk berhenti sejenak dan pergi ke tempat sepi untuk mengistirahatkan telinga sebelum kembali ke tempat tersebut.

4. Ingatlah, ini yang terpenting

people
Beri waktu telinga untuk istirahat. (foto: pixabay/Stocksnap)

Yang terpenting: Jangan pakai earphone saat kamu sedang berkendara. Tak hanya saat berkendara, hindari juga memakai earphone saat akan menyeberang di jalan raya atau berjalan di keramaian. Amat mungkin kamu tidak bisa mendengar suara klakson mobil atau suara lainnya. Hal itu bisa meningkatkan risiko kecelakaan.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH