Kesehatan

Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 08 Oktober 2020
Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja
Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang berisiko penyakit liver. (Foto: Unsplash/Boxed Water Is Better)

LIVER atau hati merupakan organ yang memegang peran penting untuk menjaga metabolisme dalam tubuh, demikian dilansir dari Alodokter. Hati berfungsi pula mendetoksifikasi atau menetralkan racun-racun yang ada dalam tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga hatimu tetap baik adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Bila tidak hati akan mengalami gangguan seperti infeksi atau rusaknya sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:

Begini Efek Samping Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh!

Jadi kamu harus menjaga konsumsi makanan, sebab tidak semua makanan, baik untuk tubuh kita. Bahkan beberapa makanan juga bisa meningkatkan risiko penyakit liver.

1. Camilan kemasan

liver
Sebaiknya mengurangi camilan kemasa. (Foto: Unsplash/Ananthu Ganesh)


Kamu salah satu yang hobi ngemil snack kemasan? Mulai saat ini sebaiknya kamu mengurangi camilan tersebut. Karena ternyata dengan terus menerus mengonsumsi camilan kemasan berisiko terkena penyakit liver. Biasanya makanan kemasan ini mengandung kadar gula, garam, dan juga lemak yang tinggi.

2. Alkohol

liver
Kurangi mengonsumsi alkohol untuk kesehatan liver. (Foto: Unsplash/Adam Wilson)


Sebaiknya mulai dari sekarang kamu perlu mengurangi konsumsi alkohol karena ia bisa menyebabkan berbagai macam penyakit liver. Liver akan bekerja ekstra untuk memecahkan alkohol dan mengeluarkannya dari dalam darah. Tidak hanya itu, enzim-enzim dalam liver juga bisa rusak bila terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Baca Juga:

Daun Pepaya, Pahit Tapi Menyehatkan

3. Tinggi gula

liver
Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. (Foto: Unsplash/Joanna Kosinska)


Mengonsumsi makanan atau minuman yang kadar gulanya tinggi juga tidak sehat dan berakibat pada kerusakan liver. Fungsi dari liver sendiri adalah memproses gula darah menjadi lemak. Sehingga ketika kamu mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, tentu akan menghasilkan lemak lebih banyak. Lemak dalam hati ini menyebabkan sirosis atau kondisi di mana sel-sel dalam hati akan rusak dan nantinya sulit untuk diatasi.

4. Tinggi garam

liver
Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi garam. (Foto: Unsplash/Jason Tuinstra)


Pecinta junk food, mulai sekarang kamu tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi garam karena dapat menyebabkan lemak jenuh. Bahkan telalu sering bisa membuat liver mengalami peradangan. Bila hal ini terus terjadi bisa menimbulkan jaringan parut pada livermu. (ren)

Baca Juga:

Beberapa Penyebab Kencingmu Bau

#Kesehatan #Hati Liver #Minum Alkohol #Gula #Garam
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan