Sayang Hewan Tapi Punya Alergi? Pelihara Saja Tetap bisa kok pelihara hewan walau alergi (Foto: Pexels/Buenosia Carol)

HEWAN peliharaan bisa jadi layaknya teman kita. Sudah bikin gemas, peliharaan kita tersebut pasti selalu mengerti keadaan kita. Namun, di samping menggemaskan, risiko kita kena alergi karena hewan peliharaan ikut mengintai.

Mengutip laman NCBI, dr. Dawn Lim, dokter anak yang fokus di bidang alergi, mengatakan bulu binatang peliharaan seperti hamster dan burung berpotensi menyebabkan alergi. Kucing dan anjing menjadi penyebab paling umum alergi terhadap hewan.

Baca juga:

Hidup Mewah Ala Putri Jasmine si Anak Sultan dengan Modal Gaji UMR

Menurut Lim, sekitar 10 sampa 40 persen orang di negara maju sensitif terhadap alergi kucing dan anjing. Padahal, alergi kucing dan anjing ditemukan di banyak rumah karena dua binatang ini merupakan hewan peliharaan. Biasanya penyebab alergi berasal dari bulu hewan.

"Mereka (bulu) ditemukan di dinding dan lantai, karpet, furnitur, kasur, dan bantal. Mereka juga dapat menempel di pakaian," ujar Lim.

Nah, tapi bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa memelihara hewan kalau kamu alergian. Kamu tetap bisa memelihara hewan asalkan begini:

1. Pilih hewan peliharaan yang tepat

Pelihara jenis hewan yang umumnya tak menyebabkan alergi. (Foto: Pexels/Alina Vilchenko)

Ada beberapa jenis hewan yang bisa kamu pelihara di rumah. Misalnya saja anjing. Anjing memiliki banyak alternatif ras yang mungkin cocok dengan kamu.

Ada beberapa ras anjing yang memiliki bulu pendek bahkan tidak memiliki bulu, misalnya pitbull, Cihuahua, bulldog, and anatolian sheperd.

Memiliki anjing yang minim bulu ternyata ada beberapa keuntungan. Misalnya tidak mengalami kerontokan bulu, rumah jadi tidak terlalu kotor, risiko terjangkit kutu sangat minim, dan tidak akan boros shampoo. Jika rumahmu tidak memiliki taman, mungkin Cihuahua atau pug adalah pilihan yang cocok.

Selain anjing, kucing juga memiliki beberapa ras yang bisa ditoleransi oleh penderita alergi. Sebut saja Sphnyx, ras kucing asal Mesir yang tidak memiliki bulu sama sekali.

Ya, memang sih kelihatannya menggelikan karena terlihat seperti dibalut oleh kulit saja. Atau alternatif lainnya kamu bisa memelihara kucing Bali. Walaupun bisa menyebabkan alergi, tetapi risikonya jauh lebih sedikit daripada jenis kucing lainnya.

kucing Bali menghasilkan lebih sedikit protein yang menyebabkan reaksi alergi dalam air liur mereka. Jadi ketika mereka merawat diri tidak akan mengeluarkan iritasi.

2. Jauhkan furnitur yang berbulu

Bulu penyebab alergi dapat menempel di sekeliling rumah. (Foto: Pexels/Josh Sorenson)

Salah satu faktor terjadinya alergi adalah adanya bulu yang menempel di sekeliling rumah, salah satunya furnitur berbulu seperti tirai, karpet, atau sofa. Setiap bagian kain bisa menjadi jebakan bagi bulu binatang peliharaan.

Sebagai gantinya, kamu bisa membelikan hewan peliharaanmu dengan tempat tidur dan seringlah mencucinya dengan air hangat.

Baca juga:

Tips Tampil Ala Anak Moge, Kebutuhan Eksis di Medsos

3. Bersihkan rumah setiap hari

Rumah harus dibersihkan setiap hari (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Memelihara hewan berarti kamu harus konsisten membersihkan rumah setiap hari. Gunakan pembersih ruangan seperti vacuum clenaer atau alat pembersih udara berjenis HEPA.

HEPA mampu menghilangkan partikel penyebab alergi, seperti debu dan bulu hewan. Bersihkan secara rutin dan menyeluruh di bagian sofa, karpet, bantal, tirai, dan tempat tidur hewan peliharaan.

4. Ganti baju setelah bermain dengan hewan peliharaan

Langsung ganti baju setelah main dengan hewan peliharaan (Foto: Pexels/Kai Pilger)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selalu ada partikel-partikel yang menempel di pakaian yang kamu gunakan.

Memang, baju kita kelihatannya masih terlihat bersih. Tapi percayalah ada banyak bakteri di pakaianmu. Oleh karena itu, langsung mandi dan ganti pakaian ya setelah bermain dengan hewan peliharaanmu.

5. Rajin membersihkan hewan

Jika malas membersihkannya bawa ke petshop saja (Foto: Pexels/nishizuka)

Hewan peliharaanmu juga harus tampil bersih tiap saat. Kamu bisa membersihkannya sendiri atau bawa saja ke pet shop. Lakukan ini setidaknya satu minggu sekali. (and)

Baca juga:

Cara Biar Sok-Sokan Jago Gowes Padahal Lagi Mager



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH