Saudi Tinggalkan Aturan Lama Buka Usaha bagi Perempuan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 19 Februari 2018
Saudi Tinggalkan Aturan Lama Buka Usaha bagi Perempuan
Perempuan Arab Saudi. (Screenshot khaleejtimes.com)

MerahPutih.com - Saat ini kaum perempuan di Arab Saudi bisa berusaha lebih leluasa. Pada aturan pemerintah sebelumnya, perempuan harus terlebih dahulu meminta izin wali atau kerabat/keluarga untuk membuka suatu usaha.

Harian lokal Al-Arabiya pada Ahad (18/2) melaporkan hari ini perempuan Arab Saudi diperkenankan untuk membuka usaha sendiri tanpa perlu izin seorang wali.

Pemerintah Arab Saudi berusaha mengikutsertakan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan. Sementara keputusan usaha bagi perempuan tersebut juga untuk memenuhi keperluan sektor swasta.

Perubahan dalam kebijakan itu juga merupakan langkah maju dari sistem perwalian ketat atas perempuan selama beberapa dasawarsa.

"Perempuan sekarang bisa melancarkan usaha mereka sendiri dan mendapat keuntungantanpa memerlukan izin dari seorang wali," kata Kementerian Perdagangan dan Penanamdan modal di jerjaringnya, sebagaimana dikutip Antara dari Xinhua, Senin (19/2).

"Berdasarkan sistem perwalian di Arab Saudi, perempuan diharuskan menyerahkan bukti izin dari seorang wali pria (yang biasanya adalah suami, ayah atau saudara lelaki) untuk mengisi kertas kerja pemerintah, melakukan perjalanan atau mendaftar sekolah," katanya.

Arab Saudi, yang lama bergantung atas produksi minyak mentah sebagai sumber penghasilan ekonomi, mendorong untuk mengembangkan sektor swasta di negeri itu, termasuk perluasan lapangan kerja buat perempuan berdasarkan rencana pembaruan bagi era pasca minyak.

Kantor Jaksa Agung Arab Saudi pada Februari menyatakan kantor tersebut juga akan mulai merekrut perempuan sebagai penyelidik untuk pertama kali.

Kerajaan tersebut juga membuka 140 posisi buat perempuan di bandar udara dan tempat penyeberangan perbatasan, dan untuk pertama kali dalam sejarah pemerintah negeri itu menyatakan 107.000 perempuan telah mengajukan lamaran. (*)

#Arab Saudi #Perempuan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan