Satu Set Kartu Pokemon Terjual Seharga Rp1,5 Miliar Kartu Pokemon yang saat ini banyak diburu orang. (Foto: hypebeast)

PERNAKAH terpikir sahabat MerahPutih bahwa mainan yang kamu dulu miliki bisa jadi berharga mahal saat ini. Banyak sekali orang-orang yang menjadi kaya hanya karena menemukan kaset video game lama seperti Scott Amos yang menemukan kaset NES Icarus Kid yang belum terbuka seharga USD10 ribu atau setara Rp142,5 juta.

Baca Juga: Ini 10 Game PS4 yang Harus Kamu Mainkan Sebelum PS5 Rilis!

Charizard

pokemon
Harga kartu Charizard adalah Rp285 juta. (Foto: bigcommerce)

Ternyata kasus-kasus seperti itu tak hanya berhenti pada kaset-kaset game retro saja tetapi juga kartu Pokemon. Menurut GameRant.com, harga kartu-kartu langka Pokemon memang dapat mencapai harga hingga ratusan dolar. Akan tetapi kartu-kartu tersebut tidak dapat mengalahkan kelangkaan dan harga satu set kartu tahun 1999 yang merupakan edisi pertama. Set kartu Pokemon edisi pertama tersebut dijual di rumah pegadaian Goldin Auctions dengan harga USD107 juta atau setara dengan Rp1,52 miliar.

GameRant.com mengatakan bahwa fenomena ini adalah fenomena yang hebat karena masih ada orang yang memiliki satu set kartu tersebut dalam kondisi sempurna setelah 20 tahun. Yang lebih hebatnya lagi, dalam set tersebut terdapat satu kartu langka Charizard yang saat ini berharga USD20 ribu atau setara Rp. 285 juta.


Fenomenal

pokemon
Kartu Pokemon dianggap sebagai harta karun. (Foto: heavy.com)


Dilansir dari CNBC.com, pihak Goldin mengatakan bahwa fenomena meningkatnya harga kartu Pokemon ini sama halnya dengan peningkatan harga kartu-kartu pemain baseball. "Untuk para milenial, kartu dan video game orisinil Pokemon tahun 1999 merupakan hal penting dalam masa kecil mereka, dan seakan-akan menjadi sebuah seni yang hilang dan membawa perasaan nostalgia," ucap pihak Goldin.

Seperti yang dikatakan oleh pihak Goldin, memang banyak anak-anak di tahun 1999 yang memainkan video game atau kartu pokemon. Tak jarang dulu banyak orang yang senang menukar-nukar kartu mereka dengan temannya demi mendapatkan kartu yang diinginkan. Bisa jadi tanpa kamu sadari, banyak kartu pokemon yang kamu simpan di gudang rumahmu dan harga kartu-kartu tersebut bernilai sangat tinggi. Mungkin kamu bisa meluangkan waktu untuk membongkar gudangmu jika kamu teringat pernah menyimpan kartu Pokemon di rumahmu. (sep)

Baca Juga: Susul Pokémon Go, Developer Pokémon Umumkan 3 Aplikasi Game Baru


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH