Satpol PP DKI Kaji Perlombaan 17 Agustus di Tengah Pandemi, Panjat Pinang Dilarang Ilustrasi. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta akan mengkaji kegiatan perlombaan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustusan di tengah wabah COVID-19.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menerangkan, pihaknya bakal membocorkan kegiatan mana saja yang diizinkan dilombakan sebelum hari peringatan HUT RI ke-75.

Baca Juga:

Peringati HUT RI, Anak Buah Anies Wajibkan Warga Berdiri 3 Menit saat 17 Agustus

Satpol PP memilah-milah perlombaan guna menghindari terjadinya kerumunan di tengah masyarakat yang berpotensi terjadi penularan virus corona.

"Tentu kita akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan. Mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an mungkin ada kebijakan yang kami keluarkan," ujar Arifin di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/8).

Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan menjadi pemimpin upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Pantai Maju, Pulau D, Jakarta, Sabtu, (17/8/2019). Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto
Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan menjadi pemimpin upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Pantai Maju, Pulau D, Jakarta, Sabtu, (17/8/2019). Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Sorotan Satpol PP DKI ialah perlombaan panjat pinang. Menurut Arifin, lomba tersebut sangat sulit diterapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Kalau itu (panjat pinang) agak sulit juga ya. Masker susah kita pasang, orang manjat beramai-ramai juga saling bersentuhan. Jadi sebaiknya, saran saya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan panjat pinang," tegas Arifin.

Baca Juga:

Di Tengah COVID-19, Pemprov DKI Tetap Gelar Upacara 17 Agustus

Arifin menuturkan, bila nanti ada peraturan yang melarang melakukan lomba Agustusan, itu semata-mata dalam rangka melindungi warga DKI dari bahaya penyakit mematikan dari Wuhan, Tiongkok itu.

"Tentunya sekali lagi, kalau ada kebijakan yang meniadakan, itu semata-mata dalam rangka memberikan perlindungan dan memutus mata rantai (COVID-19)," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang hingga 16 Agustus 2020

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH