Satpol PP DKI Bakal Patroli Pakai Motor Selama Ramadan, Untuk Apa?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 06 Mei 2019
Satpol PP DKI Bakal Patroli Pakai Motor Selama Ramadan, Untuk Apa?
Ilustrasi Satpol PP (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta, Arifin mengerahkan anak buahnya melakukan patroli setiap malam untuk mencegah terjadinya tawuran di ibu kota selama bulan Ramadan.

Dalam pelaksanaan pencegahan aksi tawuran ini, ada dua regu personel di setiap kecamatan yang disiagakan.

"Kalau malam kita ada patroli motor yang selalu keliling. Patroli motor itu ada di setiap kecamatan dan di masing-masing Kecamatan ada dua regu. Jadi patroli motor itu jumlahnya ada 3-5 motor keliling," ujar Arifin saat dikonfirmasi, Senin (6/5).

Tak hanya itu, Arifin menuturkan, pencegahan aksi tawuran di Jakarta juga dibantu stakeholder lain dengan pola preventif, yakni memberi edukasi kepada masyarakat bahwa puasa merupakan bulan penuh ampunan sehingga jangan dikotori dengan aksi-aksi tak terpuji.

"Jadi kita lebih ke pendekatan persuasif," jelasnya.

operasi praja wibawa
Ilustrasi satpol PP (MP/Asropih)

Ia juga akan meningkatkan pengawasan di wilayah yang rawan menjadi lokasi tawuran selama bulan Ramadan. Peningkatan pengawasan itu melibatkan unsur pemerintahan dan masyarakat.

"Iya memang harus selalu ada peningkatan pengawasan di titik-titik yang rawan dijadikan tempat tawuran," ungkapnya.

Namun, lanjut dia, penebalan personel Satpol PP, bersifat tentatif dan situasional. Dengan demikian, pasukan tidak terfokus pada satu titik saja untuk mencegah terjadinya tawuran di Jakarta.

"Kalau untuk tawuran sendiri itu kan sifatnya tentatif dan situasional jadi tidak diijagain di satu titik saja," tutupnya. (Asp)

#Satpol PP #Pemprov DKI #Tawuran
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan