Satgas Saber Pungli Temukan Dugaan Pelanggaran di PT KAI Satgas Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli). (Foto: Screenshot saberpungli.id)

MerahPutih.com - Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Irjen Pol Widyanto Poesoko mengungkapkan adanya dugaan pungli yang dilakukan oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Widayanto menyebut dugaan pungli tersebut ditemukan dari BUMN yang bergerak di sektor transportasi darat. Dugaan pungli tersebut terjadi pada angkutan kereta batubara di Sumatera Selatan.

"Sudah kami cek paling banyak pada transportasi darat. Tapi baru kami dalami. Dugaan pungli tersebut diduga dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Sumatera Selatan," ujar Widayanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/12).

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dugaan tersebut, kata dia, diterima setelah banyak laporan dari masyarakat yang diterima dari tim satgas siber pungli. Satgas Siber Pungli sendiri kini sedang mendalami dugaan laporan tersebut.

"Oleh sebab itu, kita hari ini menggelar rapat tadi dengan pihak dari Kementerian Perhubungan dan PT KAI," kata dia.

Nantinya, kata Widayanto, dari pendalaman dugaan tersebut pihaknya akan menyelediki dugaan pungli yang dilakukan oleh perusahaan plat merah tersebut.

"Kita target selesai sebelum natal hasil penyelidikan dugaan pungli tersebut," paparnya.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH