Satgas Rajawali Perbatasan Kalbar Ditakuti Penyelundup, Dicintai Warga Satgas Yonif 123/Rajawali, pasukan TNI penjaga perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar) dengan Malaysia. Dok Kodam Bukit Barisan

MerahPutih.com - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Widodo memuji keberhasilan Satgas Yonif 123/Rajawali yang telah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia dengan penuh rasa tanggung jawab. Pasukan Rajawali itu berhasil menggagalkan sejumlah aksi penyelundupan saat bertugas di perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar).

Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Pasal 7 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), di antaranya adalah mengamankan wilayah perbatasan.

"Satgas Yonif 123/Rajawali telah bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia wilayah Kalimantan Barat selama sembilan bulan dan telah menunjukkan prestasi tiga kali di antaranya menggagalkan penyelundupan minuman keras dan dua kali menggagalkan penyeludupan narkoba dari Malaysia," kata Mayjen TNI Ibnu, dilansir Antara, Sabtu (9/6).

satgas rajawali
Anggota Satgas Yonif 123/Rajawali mendistribusikan BBM di pedalaman Kalimantan Barat. Foto: Dok Kodam Bukit Barisan.

Menurut Pangdam, Satgas Yonif 123/Rajawali juga sukses menjalin komunikasi sosial yang baik terhadap masyarakat perbatasan. Terbukti, mereka telah menerima empat pucuk senjata api laras panjang, satu buah granat dan puluhan amunisi yang diserahkan secara sukarela dari masyarakat.

Namun, Pangdam Ibnu mengingatkan keberhasilan yang telah diraih itu diharapkan tidak menjadikan rasa cepat puas diri, sehingga merasa besar hati dan menjadi arogan. Momentum keberhasilan itu harus tetap dijaga dan dapat ditingkatkan dalam setiap penugasan satuan nantinya.

Pesta Demokrasi

satgas rajawali
Defile anggota pasukan Satgas Yonif 123/Rajawali. Foto: Dok Kodam Bukit Barisan

Dalam kesempatan itu, Pangdam berpesan kepada anggota Satgas Rajawali pengganti yang baru datang tentang pentingnya menjaga keamanan jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak

Menurut Mayjen Ibnu, beberapa hari lagi akan diselenggarakan pesta demokrasi di Provinsi Sumatera Utara dan beberapa kabupaten/kota di wilayah Kodam I/BB.

satgas rajawali
Satgas Yonif 123/Rajawali, pasukan TNI penjaga perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar) dengan Malaysia. Dok Kodam Bukit Barisan

"Kepada seluruh Satgas Yonif 123/Rajawali, diminta untuk tetap melaksanakan ketentuan tentang netralitas TNI dan tidak melupakan jadi diri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional," tandas jenderal TNI bintang dua itu. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH