Satgas Pangan Polri Ungkap Melonjaknya Harga Bahan Pokok di Pasaran

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 04 Maret 2022
Satgas Pangan Polri Ungkap Melonjaknya Harga Bahan Pokok di Pasaran
Beras. (Foto: MP/ Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Kenaikan harga sejumlah bahan pangan mulai terjadi di pasaran. Misalnya, kedelai, daging sapi, telur dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Satgas Pangan Polri mengungkapkan ada beberapa hal yang memicu kenaikan tersebut terutama naiknya permintaan atau demand bahan pokok pangan jelang ramadan.

Baca Juga:

Stabilkan Harga, Jepang Lepaskan 7,5 Juta Barel Cadangan Minyak

Kasatgas Pangan, Irjen Helmy Santika menegaskan, kenaikan tersebut juga disebabkan oleh bahan-bahan pokok yang sebagian besar masih dipenuhi dari impor seperti kedelai, gula, dan daging.

"Kenaikan dipengaruhi oleh naiknya harga di negara asal," ucapnya.

Minyak goreng. (Foto: Antara)
Minyak goreng. (Foto: MP/ Dicke)

Helmy mengatakan, ada berbagai kebijakan pemerintah dengan tujuan ketersediaan, distribusi, dan harga terkendali dengan baik. Diantaranya dengan menugaskan BUMN melaksanakan operasi pasar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia memiliki andil dalam kenaikan harga pangan di Jakarta terutama pada pasokan gandum, yang merupakan bahan pokok tepung terigu.

"Ada Ukraina perang dengan Rusia, itu kita itu mengimpor bahan gandum yang besar sekali dari Ukraina, kita juga akan berdampak," ucap Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (4/3).

Baca Juga:

Pemerintah Diimbau Fokus Kontrol Harga Pangan, Ketimbang Urusi Isu Tunda Pemilu

#Sembako #Harga Sembako #Harga Pangan #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan