Satgas Pangan Masih Temukan Minyakita Dijual Di Atas Rp 14.000

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 08 April 2023
Satgas Pangan Masih Temukan Minyakita Dijual Di Atas Rp 14.000
Pasar Tradisional. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri mengecek sejumlah pasar di Kota Bandung, Jawa Barat, guna mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan menjelang Lebaran 2023.

Anggota Satgas Pangan Bareskrim Polri Kombes Pol. Eka Mulyana mengatakan, pengecekan itu untuk memastikan distribusi, ketersediaan, kualitas, hingga harga bahan pokok.

Baca Juga:

Penerima Bantuan Pangan di Jabar Capai 4,4 Juta KPM

"Kami turun ke daerah seluruhnya untuk mengecek langsung bagaimana terkait dengan distribusi ketersediaan maupun harga. Akan tetapi, harus dipastikan barang-barang pokok penting itu ada di pasar," kata Eka.

Dari hasil pengecekan itu, dia mengatakan bahwa pihaknya akan menganalisis jika ada kenaikan harga suatu komoditas.

"Di sini akan kelihatan 'kan mana barang-barang harga itu naik, mungkin itu akibat ketersediaan barang yang kurangkah, atau distribusi kurang lancar, itu harus diantisipasi," katanya.

Apabila terindikasi ada ketersediaan komoditas yang kurang, pihaknya bisa mendorong daerah lain untuk meningkatkan pasokan ke Kota Bandung sehingga harga bisa tetap stabil menjelang Lebaran 2023.

Misalnya, bawang merah kurang, pihaknya lalu berkoordinasi dengan Brebes. Begitu pula, kalau telur kurang, pihaknya berkoordinasi dengan Blitar yang daerahnya surplus.

"Daging kurang, misalnya, kami berkoordinasi dengan Lampung," katanya.

Namun, setelah mengecek Pasar Sederhana itu, dia menilai harga sejumlah komoditas relatif stabil. Bahkan, ada beberapa komoditas yang harganya mengalami penurunan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol. Deni Okvianto mengatakan, pengecekan akan rutin di pasar-pasar lainnya guna mengantisipasi adanya kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran.

"Kami bekerja sama, berkoordinasi, dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandung," kata Deni.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menjelaskan, di Pasar Sederhana masih ada pedagang yang menjual Minyakita dengan harga di atas Rp14 ribu per liter, di atas harga eceran tertinggi. Satgas Pangan Polri akan menindaklanjuti temuan tersebut.

Sementara itu, harga daging ayam di pasar tersebut mengalami penurunan, semula Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 33 ribu/kg. Harga daging sapi pun masih tergolong tinggi di angka Rp 140 ribu/kg.

"Beberapa yang kualitas bagus ada yang harganya Rp 160 ribu per kilogram. Harga yang masih tetap tinggi tetapi stabil," katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Pj DKI 1 Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran

#Harga Pangan #Inflasi #Ramadan #Lebaran
Bagikan
Bagikan