Headline

Satgas Pangan Diminta Tindak Tegas Penimbun Beras

Eddy FloEddy Flo - Senin, 29 Januari 2018
Satgas Pangan Diminta Tindak Tegas Penimbun Beras
Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.Com - Lonjakan harga beras selain disebabkan gagal panen dan hama, diduga kuat akibat penimbunan beras atau gabah oleh pihak-pihak tertentu. Ketua DPR Bambang Soesatyo justru menuding ada mafia yang bermain dibalik melambungnya harga beras.

Demi menekan kenaikan harga beras, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet meminta Satuan Tugas Pangan Mabes Polri menindak tegas para penimbun beras dan gabah yang mengakibatkan harga kebutuhan pokok tersebut tidak terkendali sehingga merugikan rakyat dan juga petani.

"Kami minta Satgas Pangan untuk menjaga adanya mafia-mafia yang melakukan penimbunan beras dan gabah karena itu masuk ranah pidana," kata Bambang Soesatyo usai panen raya di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (29/1).

Dia menilai Satgas Pangan Polri dan penegak hukum lainnya harus bertindak tegas dengan melakukan razia dan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diduga melakukan penimbunan beras dan gabah.

Menurut Bambang soesatyo sebagaimana dilansir Antara, kalau hal itu bisa dilakukan dengan baik maka kerja sama antara DPR, Pemerintah, dan penegak hukum sangat menolong petani dan masyarakat.

"Saya meminta Mabes Polri menelisik dan menginvestigasi apakah ada yang 'bermain' dalam hal ini," ujarnya.

Selain itu, Bambang juga telah meminta Komisi IV dan VI DPR RI untuk mendesak pemerintah menghentikan kebijakan impor beras karena faktanya, Indonesia tidak butuh impor sebab pasokan petani lokal cukup.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan impor akan mengganggu harga beras di tingkat petani karena seharusnya tidak boleh dibawah Rp5.000 perkilogram.

"Untuk konsumsi masyarakat, harga beras tidak boleh lebih dari Rp8.000 perkilogram sehingga kalau bisa terjaga keseimbangan harga itu maka petani makmur dan masyarakat senang," katanya.

Bamsoet mengatakan pimpinan DPR sudah meminta Komisi IV dan VI DPR untuk berbicara dengan pemerintah agar mempertimbangkan rencana impor beras.(*)

#Satgas Pangan #Bambang Soesatyo #Ketua DPR RI #Harga Beras
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan