Satgas Nemangkawi Buru KKB yang Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok dan Okhika

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 15 September 2021
Satgas Nemangkawi Buru KKB yang Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok dan Okhika
Ilustrasi Kelompok Krimina Bersenjata Lekagak Telenggen masuk daftar DPO Polri. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi

Merahputih.com - Satgas Nemangkawi memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang diduga melakukan pembakaran terhadap fasilitas publik di Distrik Kiwirok dan Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Fasilitas yang dibakar seperti Kantor Distrik Kiwirok, Kantor Kas Bank Papua Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, rumah dokter, barak tenaga kesehatan, SD Inpres Kiwirok, rumah guru, dan pasar dan lainnya. Perusakan dilakukan Senin (13/9).

Baca Juga:

Tiga Kelompok KKB Bergabung, Tebar Teror di Yahukimo

"Langkah kepolisian berkoordinasi dengan TNI dan pemerintah daerah, melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Rabu (15/9).

Dalam kejadian tersebut lima tenaga kesehatan yang sebelumnya dikabarkan hilang, saat ini telah ditemukan dalam keadaan mengalami luka-luka, di antaranya empat perawat dan satu dokter.

"Seorang mantri kesehatan dilaporkan belum ditemukan sampai saat ini," ungkapnya.

Ilustrasi pergerakan tim gabungan tentara dan polisi mengejar kelompok bersenjata di Beoga Kabupaten Puncak, Papua. ANTARA/HO-Satgas Humas Ops Nemangkawi

Kamal menyampaikan, para korban tenaga kesehatan itu telah mendapatkan perawatan medis. "Personel gabungan TNI-Polri saat ini masih melakukan pencarian terhadap mantri kesehatan yang belum ditemukan," katanya.

Ia menduga KKB merusak fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk merenggut kesempatan belajar dan hidup sehat masyarakat Papua. "Aparat Gabungan TNI-Polri akan terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang mengganggu stabilitas keamanan di Provinsi Papua," tegasnya.

Baca Juga:

Diduga Terlibat KKB, Kepala Distrik di Yahukimo Papua Diciduk Polisi

Menyoal apakah peristiwa pembakaran ini mengganggu persiapan penyelenggaraan PON XX Papua, Kamal menegaskan, perhelatan akbar olahraga nasional itu akan terus berjalan.

"Polri akan mengamankan dan menjamin keberlangsungan PON XX 2021," tandasnya. (Knu)

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) #Papua
Bagikan
Bagikan