Satgas Kontingen Garuda Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Beirut

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 05 Agustus 2020
Satgas Kontingen Garuda Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Beirut
Petugas memadamkan api akibat ledakan gudang bahan peledak di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir/pras.)

MerahPutih.com - Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) membantu mengevakuasi korban yang terdampak ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon, pada Selasa (4/8)

"Anggota kita Satgas Hospital Level 2 telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut," ucap Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang di Jakarta, Rabu (5/8)

Baca Juga

DPR Minta Kemenlu Pantau Keselamatan WNI di Lebanon

Satgas Konga juga menurunkan personel ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban. Jumlah personel yang diterjunkan dari Unifil Hospital, antara lain, satu unit ambulans dari Hospital LV.1 yang dipimpin oleh Kapten Ckm dr Doni Saputera SpRad, satu anggota Serka Syehta dan satu orang supir ambulans India CSGT Musthaq Bhat.

Sebelumnya dilaporkan, sebuah ledakan besar di dekat pusat Beirut menewaskan sedikitnya 10 orang dan menciptakan goncangan ke penjuru ibu kota Lebanon itu, menghancurkan kaca di rumah-rumah penduduk dan menyebabkan balkon apartemen runtuh, kata saksi mata dan sumber-sumber keamanan.

Ledakan di Lebanon. (Foto: Isimewa).
Ledakan di Lebanon. (Foto: Isimewa).

Ledakan itu terjadi di daerah pelabuhan kota itu, di mana terdapat gudang-gudang yang menampung bahan peledak

Rekaman ledakan yang beredar di publik melalui media sosial menunjukkan asap naik dari distrik pelabuhan yang diikuti oleh ledakan besar. Mereka yang merekam apa yang awalnya tampak seperti kobaran api besar kemudian dikejutkan oleh ledakan itu.

Baca Juga

Muhammadiyah Desak Pemerintah Indonesia Bantu Lebanon

Setidaknya 10 jenazah dibawa ke rumah sakit, sumber keamanan dan sumber medis mengatakan kepada Reuters. Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kobaran api yang memicu ledakan atau jenis bahan peledak yang ada di gudang itu. (*)

#Satgas Kontingen Garuda Unifil #Lebanon #Ledakan Lebanon #Pasukan Garuda Lebanon
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan