Satgas COVID-19 Ungkap Penyebab Penurunan Kasus Corona

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 11 November 2020
Satgas COVID-19 Ungkap Penyebab Penurunan Kasus Corona
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (24/9/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri.

MerahPutih.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyebut, virus idealnya harus terus-menerus turun setiap pekan. Ia menambahkan, kasus positif harus terus menurun setiap minggunya.

"Jangan sampai terlihat tren penurunan kasus COVID-19 yang semu," ujar Wiku dalam konferensi pers daring yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (10/11).

Menurut Wiku, penurunan kasus pada pekan lalu dikarenakan pemeriksaan yang juga menurun. Kondisi tersebut harus menjadi pelajaran bagi semua pihak

Baca Juga

Total 569 Pasien COVID-19 Sumut Meninggal Dunia

"Hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua terlepas dari adanya masa libur, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus tetap menggencarkan 3T dan bagi masyarakat untuk melaksanakan 3M," ucap Wiku.

Wiku mendorong agar kapasitas pemeriksaan kasus COVID-19 ditingkatkan. Terutama untuk orang-orang dengan riwayat perjalanan.

"Untuk itu, mohon betul-betul ditingkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan serta penelusuran kontak erat dengan massif untuk mendeteksi kasus," tutur Wiku.

Wiku menjelaskan, pekan ini ada peningkatan kasus positif Corona 8,2%. Menurutnya, perkembangan ini merupakan perkembangan yang kurang baik.

"Pada tingkat nasional di pekan ini terjadi peningkatan kasus positif sebesar 8,2%. Ini adalah perkembangan yang kurang baik, karena kasus positif mengalami peningkatan," jelasnya.

Sebelumnya, diberitakan kemarin terdapat penambahan kasus baru Corona sebanyak 3.779. Data tersebut dipublikasikan oleh tim BNPB, Selasa (10/11). Dengan penambahan 3.779, total kumulatif kasus Corona di Indonesia per hari ini berjumlah 444.348 kasus.

Penambahan 3.779 kasus ini didapat dari pemeriksaan 33.063 spesimen. Data ini diperbarui dan dihimpun setiap harinya per pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, pada hari ini juga dilaporkan ada tambahan 3.475 pasien yang sembuh. Total kumulatif per Selasa (10/11), ada sebanyak 375.741 pasien Corona yang sembuh.

Baca Juga

Aceh Keluar dari Zona Merah COVID-19

Dilaporkan juga, ada 72 pasien Corona meninggal dunia. Total ada 14.761 pasien yang meninggal akibat COVID-19. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid
Bagikan
Bagikan