Satgas COVID-19 Solo Temukan Kembali Siswa Terpapar di Dua SMPN

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 21 Oktober 2021
Satgas COVID-19 Solo Temukan Kembali Siswa Terpapar di Dua SMPN
Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo Ahyani. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Satgas Penanganan COVID-19 Solo, Jawa Tengah menemukan belasan siswa SMPN terpapar COVID-19. Hal itu didasari dari hasil tes acak dengan metode surveilans dari dua SMPN.

Temuan ini menambah daftar temuan kasus COVID-19 di Solo setelah sebelumnya ditemukan klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di lima SD dengan total 41 siswa dan 6 guru positif.

Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo Ahyani mengatakan, sejumlah sekolah lainnya tengah dijadwalkan tes acak dalam giat surveilans dengan metode PCR. Hal itu dilakukan setelah ditemukannya kasus klaster di 5 SD.

Baca Juga:

Level PPKM Menurun, Penumpang KRL Yogya - Solo Naik 56 Persen

"Hasil dari surveilans di SMP diketahui sejumlah siswa dari dua SMP negeri terkonfirmasi positif COVID-19," kata dia.

Ia mengatakan, dua SMPN yang siswanya terpapar COVID-19, yakni SMPN 4 Solo dan SMPN 8 Solo. Temuan siswa positif COVID-19 itu muncul dari pelaksanaan surveilans pada beberapa hari sebelumnya.

"Dari giat itu diketahui bahwa satu siswa terpapar corona dari SMPN 4 Solo dan sebelas siswa lainnya dari SMPN 8 Solo," kata dia.

Pemkot Solo melakukan tes swab PCR pada siswa SDN. (MP/Ismail)
Pemkot Solo melakukan tes swab PCR pada siswa SDN. (MP/Ismail)

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, kata dia, langsung melakukan tracing di sekolah dan pada kontak dekat juga kontak eratnya. Untuk sementara waktu, PTM terbatas dihentikan dan dialihkan ke pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Sekolah kita tutup sementara. PTM ditiadakan dan diganti dengan PJJ," kata dia.

Kepala Sekolah SMPN 4 Solo Wuryanti membenarkan ada satu siswanya terkonfirmasi positif saat giat surveilans dilakukan pada Senin (18/10).

"Total ada 30 siswa kelas VII dan tiga guru menjalani PCR di sekolah setempat, hasil dari tes tersebut keluar pada Selasa kemarin dengan satu siswa terkonfirmasi positif COVID-19," kata dia.

Baca Juga:

Persis Solo Menang 2-1 Atas Hizbul Wathan, Kaesang: Masih Main Jelek

Ia menambahkan, dengan temuan kasus ini, PTM terbatas dialihkan ke PJJ dan dilakukan tracing. Untuk siswa kelas VII sendiri, baru masuk untuk PTM Terbatas pada Senin (18/10) lalu.

"Jadi para siswa dan guru itu belum sempat mengikuti PTM terbatas karena setelah tes mereka langsung pulang. Karena ada temuan satu siswa itu untuk sementara," tutup dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Klaster PTM di Solo Bertambah, 46 Siswa Dinyatakan Positif COVID-19

#COVID-19 #Kota Solo #Sekolah Tatap Muka
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan