Sate Lilit Si Pedas Gurih Primadona Sate lilit, sate khas Bali. (Instagram @ian_yudhis)

KETENARAN pariwisata Pulau Bali sudah tidak diragukan lagi. Bali sudah menjadi tempat wisata dunia. Perpaduan wisata alam dan budaya menjadi salah satu keunggulan Bali.

Selain wisata alam, Bali juga memiliki banyak kuliner terkenal. Sebut saja beberapa di antaranya, nasi campur, lawar, ayam betutu, dan sate lilit. Tak hanya di pulau asalnya, kini kuliner-kuliner khas Bali menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia. Terutama dibawa oleh masyarakat Bali yang tinggal di luar daerah.

Kali ini merahputih.com menyajikan sate lilit sebagai kuliner khas Bali yang bisa Anda buru saat berwisata ke Pulau Dewata.

Sate lilit merupakan olahan ikan yang dibuat sate. Tidak seperti sate pada umumnya yaitu potongan daging yang ditusukkan, sate lilit berupa adonan ikan yang ditempelkan mengelilingi tusukan. Olahan ikan seperti itu sangat mirip dengan sate bandeng khas Banten. Bedanya, adonan sate bandeng dimasukkan kembali dalam kulit ikan.

Kuliner sate bandeng bisa dibaca di: Sate Bandeng, Kuliner Khas Banten yang Paling Dicari

Sate lilit berasal dari Kabupaten Klungkung. Ikan yang digunakan merupakan ikan tuna. Ikan tuna yang sudah dilumatkan kemudian dicampur dengan bumbu rempah. Pembakaran adonan sate lilit mengeluarkan aroma yang menggugah selera. Sate ini khas dengan rasa pedas dan gurih.

Sate lilit. (Instagram/ tamanbebek_hita)
Sate lilit hasil olahan dari ikan. (Instagram @tamanbebek_hita)

Di Klungkung, salah satu tempat sate lilit primadona yaitu Warung Mertha Sari di Jalan Pesinggahan, Klungkung. Warung lesehan ini memiliki menu lain, tapi sate lilit menjadi primadona dan selalu dicari para pelancong, bahkan dari kalangan artis hingga pejabat-pejabat negara.

Ketika Anda berwisata ke Bali, belum lengkap rasanya ketika belum mencicipi sate lilit. Kini, sate lilit tidak hanya bisa ditemukan Klungkung yang dikenal dengan heroisme Perang Puputan itu. Sate lilit khas Klungkung juga bisa ditemukan seperti di Denpasar dan Badung.

Anda juga bisa mencoba membuatnya di rumah. Selain ikan tuna seperti di tempat asalnya, jenis ikan lain atau daging ayam bisa digunakan. Berikut resep dan cara membuatnya;

Bahan

400 gr Ikan tenggiri giling

100 gr Ayam giling

25 gr Tepung kanji

50 gr Tepung terigu

1 buah Kuning telur

1 ruas Kunyit

1 ruas Jahe

4 buah bawang putih

6 buah bawang merah

1 ruas Kencur

4 buah Cabai merah

1 ruas Lengkuas

Garam secukupnya

Gula merah secukupnya

Batang serai.

Sate lilit. (Instagram/ the_colour_violet)
Sate lilit, olahan ikan ditempelkan pada batang sate. (Instagram@ the_colour_violet)

Cara Membuatnya

1. Haluskan kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah , kencur, cabai, lengkuas, garam, gula merah hingga halus

2. Tumis bumbu hingga matang

3. Campur ikan tenggiri & ayam giling, tambahkan tepung kanji, tepung terigu, kuning telur,tumisan bumbu dan serai

4. Bentuk sate lalu lilitkan kebatang serai panggang dan sajikan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tak Melulu Nasi, Ini 5 Makanan Pokok Asli Indonesia

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH