Sate Khas Senayan, Tempat Makan Bareng Jokowi dan Prabowo Sate Khas Senayan di FX Sudirman jadi tempat pilihan Jokowi makan bareng Prabowo. (foto: satekhas.sarirasa.co.id)

DI meja makan, segala pembicaraan menjadi cair. Apalagi kalau hidangan yang disajikan nikmat menggugah selera. Dijamin makin akrab. Itulah yang dilakukan presiden terpilih Joko Widodo ketika bertemu dengan Prabowo Subianto, Sabtu (13/7) pagi.

Pertemuan yang berawal di stasiun MRT Senayan itu ditutup dengan acara makan bareng di sebuah restoran legendaris di Senayan: Restoran Sate Khas Senayan.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Oleh-Oleh Ikan Khas Nusantara, Ikan Asin Jadi Favorit


Sudah 45 Tahun Menyajikan Masakan Nusantara

sate khas senayan
Membawa sajian sate ke tempat berkelas. (foto: Instagram @satekhassenayan)


Restoran Sate Khas Senayan berawal dari gagasan Budi Hadisurjo untuk membawa kuliner tradisional Indonesia yang biasa ditemui di pinggir jalan ke tempat yang lebih berkelas. Pilihan sajian khas yang diangkat jatuh pada sate. Pada 1974, resmilah berdiri Satay House Senayan di kawasan Pakubuwono.

Dengan gagasan mengangkat kuliner tradisional ke level baru, restoran ini berkomitmen dalam memajukan cita rasa hidangan tradisional Indonesia beserta pelestarian budayanya. Oleh karena itu, sajian di restoran ini enggak melulu sate loh. Meskipun sate dengan berbagai varian bahan, seperti ayam, sapi, dan kambing jadi menu khas, restoran ini juga menyajikan berbagai hidangan tradisional khas Nusantara. Mulai dari soto Betawi, nasi Bali, hingga lontong cap go meh.

Pada 1982, restoran ini berganti nama menjadi Sate Khas Senayan. Enggak sekadar berganti nama, restoran ini juga melebarkan usaha dengan membuka beberapa cabang di Ibu Kota, seperti di kawasan Kebon Sirih, Menteng, dan Tanah Abang.

Cabang pertama di luar Jakarta pertama kali dibuka di Jalan Margonda Raya, Depok, pada 2010. Setelah pembukaan cabang pertama di luar Jakarta, Sate Khas Senayan pun hadir di beberapa daerah lain, seperti Tangerang, Cinere, Bekasi, dan Cibubur.

BACA JUGA: Puaskan Hasrat Manismu dengan Kue Nasional dari Negara Asia Ini


Sajian Sate yang Khas

sate khas senayan
Sajian khas Nusantara. (foto: Instagram @satekhassenayan)


Kalau melihat sepintas, tampilan sate di restoran ini memang terlihat sama saja dengan sate pada umumnya. Namun, pada gigitan pertama, kamu akan langsung tahu bahwa sate di tempat ini punya tekstur daging yang empuk dan berbumbu.

Selain itu, bumbu kacangnya juga beda. Tekstur bumbu kacangnya kental dan lembut. Saking kentalnya, bumbu kacang di restoran ini juga enak dicocol ke makanan lain selain sate.

Selain sate berbahan ayam, kambing, dan sapi, ada juga sate sampler yang berisi daging ayam, kambing, sapi, dan kulit ayam. Nikmat. Nah, buat teman makan sate, kamu bisa mencoba menu khas Nusantara lainnya, seperti tahu telur, gule tongseng, sop buntut, hingga sop iga. Semuanya punya cita rasa mantap.

BACA JUGA: Bertemu Prabowo, Jokowi: Tak Ada Lagi Cebong dan Kampret


Presiden AS Jimmy Carter hingga Jokowi Makan di Sini

sate khas senayan kebon sirih
Cabang Kebon Sirih pernah dikunjungi Presiden AS Jimmy Carter. (foto: Instagram @satekhassenayan)

Sajian khas yang nikmat di restoran ini sudah pasti menarik banyak orang untuk datang, termasuk para pejabat dalam negeri dan tamu kenegaraan. Seperti dilansir Travelingyuk, Presiden AS Jimmy Carter pernah berkunjung makan di Sate Khas Senayan cabang Kebon Sirih.

Yang terbaru, Presiden Jokowi mengajak Prabowo makan bareng di Sate Khas Senayan di cabang FX Sudirman. Terletak di lantai 1, cabang Sate Khas Senayan di FX Sudirman punya ruangan yang luas. Interior dominasi kayu dengan hiasan wayang mewarnai restoran ini. Pas banget untuk acara kumpul-kumpul.(dwi)

Baca Juga: Jadi Makanan Terlezat ke-14, Inilah 5 Jenis Unik Sate di Indonesia

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH