Sate Galunggung, Si Primadona Pantai Pangandaran Sate Galunggung. (Foto: instagram.com/masakifujiy)

SIAPA tak kenal pantai Pangandaran? Pantai landai dengan banyak pilihan wisata air, seperti snorkling, banana boat, dan beberapa olahraga air lainnya serta kawasan konservasi di sebuang tanjung menyerupai pulau pasti jadi pilihan utama setiap wisatawan.

Namun, tahukah kamu tentang kuliner legendaris pantai Pangandaran?

Nah, selain pantai, Pangandaran juga punya kuliner khas nan bikin lidah bergoyang. Kalau kamu belum pernah mencoba, simak informasinya berikut ini;

1. Berawal dari Warung Sate Galunggung

Sate Galunggung. (Foto: instagram.com/cahyooye)
Sate Galunggung. (Foto: instagram.com/cahyooye)

Salah satu kuliner khas Pangandaran, ialah Sate Galunggung. Meski namanya diambil dari sebuah nama gunung di Tasikmalaya, sate ini merupakan makanan khas Pangandaran.

Nama sate Galunggung diambil dari sebuah tempat makan "Warung Sate Galunggung" yang kemudian menjadi kuliner khas dari kabupaten pemekaran Ciamis ini.

Sate Galunggung mudah dijangkau karena berada di kawasan wisata pantai Pangandaran. Tepatnya di Jalan Kidang Penanjung. Mencicipi sate Galunggung merupakan hal wajib kalau kamu berwisata di Pangandaran.

2. Telah ada sejak tahun 1970

Sate Galunggung dengan disajikan nasi. (Foto: instagram.com/anggraklorenciia21)
Sate Galunggung dengan disajikan nasi. (Foto: instagram.com/anggraklorenciia21)

Sate Galunggung sekilas tak jauh berbeda dengan sate kebanyakan. Sate dibikin dari daging kambing, ayam, dan ikan, dengan olahan rempah-rempah khas olahan Warung Sate Galunggung.

Sate disajikan dengan saus kacang dan saus kecap.

Warung sate ini telah ada sejak tahun 1970. Saat ini warung sate dikelola generasi ketiga dengan terus mempertahankan cita rasa awa. Kekhasan rasa dan promosi dari mulut ke mulut inilah yang membuat sate Galunggung tetap bertahan di hati penikmat kuliner Pangandaran.

3. Buka hingga tengah malam

Sate Galunggung. (Foto: instagram.com/ricco_yohanes)
Sate Galunggung. (Foto: instagram.com/ricco_yohanes)

Warung Sate Galunggung juga menyediakan jenis makanan lain yang tak kalah lezat. Ada beragam jenis sop, mulai sop kambing, sop buntut, hingga sop kaki sapi.

Setelah seharian menikmati wisata alam Pangandaran, tak ada salahnya istirahat sambil mengisi perut yang keroncongan di Warung Sate Galunggung. Warung Sate Galunggung buka setiap dari pagi pukul 10.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Selain sate Galunggung, kamu juga bisa berburu banyak kuliner di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Biasanya para pelancong tak menyia-nyiakan waktu dengan berburu masakan seafood. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Berwisata ke Pangandaran tak Lengkap Tanpa Sajian Sup Pindang Gunung

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH