Sastrawan Hujan di Bulan Juni Meninggal, Ini Kenangan Keponakan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 20 Juli 2020
Sastrawan Hujan di Bulan Juni Meninggal, Ini Kenangan Keponakan
Sastrawan Sapardi Djoko Damono. (MP/Ismail/istimewa)

MerahPutih.com - Kabar duka menyelimuti dunia sastra Tanah Air. Sapardi Djoko Damono mengempuskan napas terakhirnya diusia 80 tahun di Tangerang Selatan, Minggu (19/7).

Sastrawan kelahiran Surakarta, 20 Maret 1940 ini meninggalkan banyak kenangan di kampung halamannya.

Keponakan Sapardi, Dina Ermawati mengatakan, almarhum Sapardi lahir di kawasan Kecamatan Pasar Kliwon. Setelah lulus SMA, Sapardi melanjutkan kuliah Sastra Inggris di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta hingga akhirnya menetap di Jakarta hingga akhir hayatnya.

Meski terpisah jauh, kata Dina, mereka masih sering berkomunikasi. Kalau keluarga sedang di Jakarta selalu menyempatkan mampir ke rumah almarhum.

Baca Juga:

Sandiaga Uno Minta Masyarakat Tak Lengah Selama PSBB Transisi

"Pakde (Supardi) terakhir ke Solo pada 2018. Saya terakhir bertemu Februari 2020 di Jakarta," ujar Dina, Senin (20/7).

Dikatakannya selama lima bulan tidak berjumpa, keluarga Sapardi mendapatkan kabar duka bahwa sang maestro sastra itu telah tiada. Keinginan mereka menjenguk Sapardi yang sudah lama sakit-sakitan pun urung dilakukan karena pandemi COVID-19.

"Hubungan keluarga saya dekat. Sebab ayah saya adalah adik satu-satunya Sapardi. Namun, ayah saya Dina lebih dahulu meninggal dunia," kata dia.

Sosok Supardi, kata dia, merupakan panutan bagi keluarga sebagai orang yang berhasil. Ia pun masih ingat pesan ayahnya agar mencontoh pakde Supardi yang dianggap sangat menginspirasi.

Sastrawan Sapardi
Sastrawan Sapardi. (Foto: Antara)

"Sejak kecil di mata kami beliau menginspirasi. Waktu sekolah itu sering ada soal bahasa Indonesia yang menyebutkan nama pakde, kita jadi bangga sekali," kata dia.

Tak hanya itu, ia juga mengingat momen berharga saat karya Hujan di Bulan Juni milik Sapardi menjadi film di bioskop. Keluarga besar mereka pun menonton film tersebut di bioskop Yogyakarta.

"Pakde (Supardi) ikut nonton dan diketahui banyak orang sampai terjadi heboh di dalam bioskop karena banyak orang minta foto bareng," tutur dia.

Ia menambahkan sosok Supardi menyenangkan dan lucu. Banyak petuah bijak yang selalu disampaikan kepada keluarganya agar senang membaca, menulis terus, jangan putus asa.

Baca Juga:11

Polri Diminta Jawab Tuduhan Adanya Dugaan Persekongkolan Lindungi Djoko Tjandra

#Sapardi Djoko Damono #Sastrawan
Bagikan
Bagikan