virtual jurnalis pertama di Indonesia (Foto: YouTube/Anaoons Channel)

VIRTUAL YouTuber (Vtuber) yang berprofesi sebagai jurnalis datang dan berkenalan dengan para pengunjung Comic Frontier 13 yang berlangsung pada 8 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta. Sosok perempuan animasi ini datang bersama komunitas bernama VtuBerflower.

Perkenalkan Saskia, salah satu Vtuber bertema anime. Tampil dengan menggunakan kacamata frame merah dan rambut pendek berwarna hijau. Visi dan misi dari Saskia adalah menjadi jurnalis yang menargetkan para penonton YouTube dengan minat di budaya populer.

Baca juga:

Nostalgia Ria Bermain PlayStation di Comic Frontier 13

Hadir memberikan suatu informasi layaknya pembawa berita pada umumnya. Saksikan bagaimana Saskia memberikan informasi kepada penonton via YouTube.

Sebagai informasi, kepopuleran Vtuber melonjak karena terkenalnya Kizuna Ai di YouTube, salah satu Vtuber dan juga pemain video game yang memiliki target penonton para pemain game. Kepopuleran Kizuna Ai membuat banyak Vtuber lain yang mencoba tampil di YouTube sebagai pemain video game atau sekedar melakukan vlog. Termasuk di Indonesia.

Baca juga:

Tiongkok Pemerkan Pembawa Berita Perempuan Virtual Pertama di Dunia

Indonesia memiliki banyak sekali Vtuber yang juga memiliki kemiripan dari visi dan misi, antara lain yang terkenal adalah Maya Putri yang mengenali para penontonnya dengan busana batiknya yang khas. Ipo-chan, salah satu karakter yang dibuat oleh para penggemar untuk menjadi maskot dari salah satu fasilitas yang disediakan oleh Mentri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Internet Positif.

Diperkirakan akan ada banyak Vtuber lain bermunculan dalam beberapa waktu mendatang, dan memungkinkan untuk mengenalkan diri kepada pengunjung di ajang Comic Frontier berikutnya. (dnz)

Baca juga:

Meski Virtual, Barang-Barang ini Punya Harga Fantastis


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH