Sarung vs Jas, Kontrasnya Tampilan Ma'aruf Amin dan Sandiaga Uno di Debat Cawapres Ma'aruf Amin dan Sandiaga Uno berlaga dalam debat cawapres 2019. (foto: Twitter @MrPlague01)

SETELAH debat capres pada bulan lalu, Minggu (17/3), giliran cawapres dari kedua kubu untuk saling adu ide dalam debat. Ini kali pertama cawapres mendapat waktu untuk menyampaikan ide dalam debat terpisah.

Saat naik ke panggung, cawapres nomor urut 1 Ma'aruf Amin dan cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno tampak kentara kontrasnya. Tak hanya dari umur yang cukup berjarak, outfit keduanya pun jelas seklai kontras.

kh maaruf amin
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, tampil dengan ciri khas sarung. (Foto: Instagram @khmarufamin)

Ma'aruf Amin tampil dengan sarung dan peci, lengkap dengan serban hitam yang menggantung di lehernya. Sebagai atasan, Ma'aruf mengenakan kemeja putih dan jas putih. Tambahan jas membuat tampilan Ma'aruf terlihat lebih resmi. Pada malam debat, Ma'aruf tampil dengan warna monokrom yang tegas.

Tampilan mengenakan sarung itu merupakan ciri khas Ma'aruf Amin. Ketua MUI itu memang selalu mengenakan sarung sebagai pengganti celana. Sebagai atasan, ia memadukan sarung dengan kemeja. "Itu pakaian santri," ujar perancang Deden Siswanto seperti dilansir Antara, Sabtu (16/3).

sandiaga uno
Sandiaga Uno bersiap untuk debat cawapres, Minggu (17/3). (foto: Instagram @sandiuno)


Di sudut lain, Sandiaga Uno tampil dengan setelan jas. Sebentuk dasi merah terlihat melengkapi penampilannya. Selain itu, Sandi mengenakan peci. Sekilas, penampilan itu tampak sama dengan ketika ia berlaga di debat pertama capres-cawapres, Januari lalu.

Terlihat jelas Sandi amat memperhatikan tampilan outfit-nya setiap kali debat. Hal itu diungkapkan pengamat mode Sonny Muchlison setelah melihat gaya berbusana sang politisi pada debat calon presiden putaran pertama.

Untuk debat cawapres kali ini, KPU memilihkan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya untuk menjadi pokok bahasan debat.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini