Sarinah Bakal Difokuskan Jual Produk UMKM Asli Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 17 Agustus 2020
Sarinah Bakal Difokuskan Jual Produk UMKM Asli Indonesia
Kain tenun produk indonesia. (Foto: Sarinah)

MerahPutih.com - Sarinah yang didirikan Presiden Soekarno, bakal difokuskan untuk pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah. Perusahaan BUMN ini menggandeng SMESCO Kementerian Koperasi dan UKM untuk pelatihan atau coaching pelaku UMKM.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, Kementerian BUMN dan Kemenkop UKM telah menandatangani kerjasama untuk mensinergikan SMESCO dan Sarinah dalam membantu UMKM Indonesia.

"SMESCO lebih banyak memfokuskan pelatihan atau coaching UMKM supaya bisa produknya ditingkatkan atau diupgrade, tetapi kita di Sarinah nantinya lebih memastikan pemasaran, karena kalau masalah pembiayaan sudah berjalan dengan baik," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Baca Juga:

Peringati HUT ke-75 RI, Politisi PDIP: Ekonomi Kita Sebagian Besar Masih Dikuasai Segelintir Elit

Menurut Erick, kerjasama BUMN dengan UMKM merupakan suatu keharusan dan keberpihakan dalam rangka membuat kondisi UMKM di Indonesia lebih baik lagi.

"Karena itu kami di BUMN dalam bekerjasama dengan UMKM adalah suatu keharusan dan keberpihakan. Jadi ini bukan sesuatu yang hanya lip service atau wacana, tapi kita sudah pastikan ini sebuah keharusan dan keberpihakan yang jelas agar kondisi UMKM lebih baik lagi," kata menteri.

Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Fetty Kwartati sebagai Direktur Utama baru PT Sarinah (Persero) menggantikan Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa dan berharap Dirut dan direksi baru Sarinah menuntaskan agenda besar transformasi Sarinah.

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: setkab.go.id)

Transformasi bisnis dan brand Sarinah didasari pada khitah Sarinah sebagai Pusat Perbelanjaan modern di zamannya yang merupakan wujud keberpihakan kepada ekonomi kerakyatan menuju kemandirian atau yang dulu dikenal dengan berdikari.

Transformasi bisnis dan brand Sarinah tidak menghilangkan orientasi dan eksitensinya yang dicetuskan dan digemakan oleh Bung Karno tersebut, namun perlu dipersembahkan dengan semangat kekinian, memanfaatkan trend produk lokal yang semakin meningkat, dan yang penting adalah appealing atau memikat pelanggan, dan pengunjung masa kini dan mendatang.

Diharapkan, kata ia, Sarinah akan menjelma menjadi pusat perbelanjaan komunit s yang kekinian, khas Indonesia dan menjadi pusat UMKM unggul terutama pada sektor ekonomi kreatif nasional khususnya produk dan brand kulier, gaya hidup serta produk berbasis pada keaneka-ragaman seni, budaya Indonesia.

Baca Juga:

Mengenal Kain Tenun Timor Tengah Selatan yang Dipakai Presiden Jokowi

Bagikan
Bagikan