Film

Sarat Aura Mistis, Intip Lokasi Syuting 'Pengabdi Setan 2: Communion'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 04 Agustus 2022
Sarat Aura Mistis, Intip Lokasi Syuting 'Pengabdi Setan 2: Communion'
Rumah susun yang tidak ditinggali selama 15 tahun. (Foto: Youtube@CINEMA 21)

PENGABDI Setan 2: Communion sudah bisa kamu saksikan mulai Kamis (4/8) di bioskop. Sutradara Joko Anwar pun mengungkapkan beberapa hal soal sekuel Pengabdi Setan (2017) ini, salah satunya lokasi syuting yang diambil di rumah susun.

Foto lokasi syuting Pengabdi Setan 2 sudah ramai diperbincangkan di media sosial. Jika diperhatikan, nampak begitu menyeramkan. Berada di tanah yang luas, tidak ada bangunan lain di sampingnya, terdapat sebuah pohon di dekatnya, dan gedungnya pun tidak di cat.

Joko Anwar mengatakan bahwa rumah susun tersebut ternyata berada di daerah Jakarta Timur dan sudah tidak berpenghuni selama 15 tahun. Kendati demikian, ia tidak menyebutkan secara detail alamat rusun yang dimaksud. Layaknya para pemain, pemilihan lokasi syuting juga sangat dipertimbangkan oleh Joko dan kru.

Baca juga:

'Pengabdi Setan 2: Communion' Naik Kelas, Hantarkan Kengerian via IMAX

Mengintip Lokasi Syuting 'Pengabdi Setan 2: Communion'
Salah satu cuplikan di rumah susun. (Foto: Youtube@CINEMA 21)

"Di film pertama, memang mereka lari ke rumah susun. Kami mencari rumah susun itu hampir empat bulan. Itu pun akhirnya kami temukan berkat warganet, dia merupakan salah satu pengikut saya. Begitu masuk rumah susun itu, auranya kayak rusun pengabdi setan," ungkapnya di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan.

Detail rusun tersebut pun dibagikan oleh akun Twitter @drhaltekehalte, terlebih suasana elevator yang begitu mencekam. Lokasinya yang gelap serta kotoran di dinding yang terbentuk alami, menciptakan ambience horor meski tanpa proses penyuntingan film.

Sebelum memulai syuting, Joko menceritakan bahwa penjaga rusun sempat melarang agar tidak memasui lantai tujuh dari bangunan itu.

Baca juga:

Sosok Ibu Kembali di 'Pengabdi Setan 2: Communion'

"Lantai tujuh itu jangan dimasuki, itu terlarang. Pernah ada yang masuk, sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, enggak usah diceritakan nanti jadi sensasional," kata pria yang akrab disapa Jokan itu.

Joko pun tidak mengetahui mengapa rumah susun itu tidak berpenghuni selama 15 tahun. "Aku kurang tahu karena apa. Mungkin karena enggak layak huni," ujarnya.

Syuting Pengabdi Setan 2: Communion sudah dilakukan sejak masa pandemi dengan sebagian besar kru merupakan tim yang sama di film terdahulu. Film ini bekerja sama dengan Come and See Pictures, Sky Media, Brown Entertainment, dan Legacy Pictures.

Di film sekuel ini, pemeran di film pertama dipastikan kembali lagi seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, dan Ayu Laksmi. Tak hanya itu, Pengabdi Setan 2: Communion juga semakin seru dengan kehadiran bintang-bintang muda lainnya, seperti Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, Ratu Felisha, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Nafiza Fatia Rani, dan Iqbal Sulaiman. (and)

Baca juga:

Segera, Pengabdi Setan 2 Tayang Tahun Ini

#Pengabdi Setan #Film #Joko Anwar #Film Horor
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan