Nutrisi

Sarapan Sehat dengan Bujet Anak Kos

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 14 Januari 2020
Sarapan Sehat dengan Bujet Anak Kos
Anak kos juga bisa sarapan sehat sesuai bujet. (foto: pixabay/free-photos)

SUDAH pernah dengar kan ungkapan 'sarapan merupakan waktu makan paling penting'?. Ya, sarapan memang penting buat tubuh. Menyantap sarapan berarti mengisi tubuhmu dengan bahan bakar untuk aktivitas seharian.

Meskipun sarapan penting, tak sedikit yang malah melewatkan waktu makan ini. Alasannya macam-macam. Dari sibuk, tak sempat, hingga bujet yang pas-pas macam anak kos. Tak bisa dimungkiri bahwa anak kos kerap melewatkan sarapan. Alasannya, pengiritan. Padahal nih, ada loh menu sarapan sehat yang sesuai bujet anak kos. Cobain yuk!

BACA JUGA: Anak Kos, Bantu Rawat Bumi dengan 5 Cara Mudah ini


1. Salad sayur

salad
Tak pernah salah untuk sarapan. (foto: pexels/chan walrus)


Sayur tidak pernah salah, apalagi buat sarapan. Untuk membuat salad sayur cukup mudah. Kamu cukup beli sayur segar di pasar, seperti tomat, bayam, dan bisa juga ditambah taburan kacang atau cornflakes sesuai selera kamu. Biar rasa salad sayur kamu makin lezat, kamu bisa tambah dengan campuran mayonaise, minyak zaitun, atau bawang bombay.

2. Oatmeal

oatmeal
Mudah dibuat dan tak mahal. (foto: pexels/foodie factor)

Buat anak kos yang selalu bangun telat dan terburu-buru beraktivitas, oatmeal jadi pilihan yang sangat cocok. Menu sarapan ini mudah dibuat dan cepat. Harganya
juga masih terjangkau bagi kantong mahasiswa. Bagusnya lagi, oatmeal mengandung serat tinggi sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Selain itu, oats juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang bisa mencega berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Kandungan antioksidan dalam oatmeal juga tinggi. Pas banget jadi sarapan sehat dan hemat bagi anak kos.

3. Roti lapis

roti lapis
Praktis dibawa ke mana saja. (foto: pixabay/luckylife1)

Sajian satu ini terbukti paling mudah dinikmati. Bentuknya kecil sehingga bisa diletakkan di dalam wadah dan bisa dibawa di dalam tas. Kamu bahkan bisa memakannya saat perjalanan ke tempat beraktivitas.

Tak sulit membuat roti lapis. Cukup siapkan selai, margarin, butter, ataupun keju sebagai olesan. Sarapan roti ternyata bagus untuk yang sedang diet. Asalhkan kamu mengonsumsi roti gandum untuk sarapan karena lebih rendah gula.


4. Telur

telur
Bisa dibuat jadi berbagai sajian. (foto: picjumbo/Viktor Hanacek)


Selain sehat, telur juga sangat murah dan mudah didapatkan. Dengan sedikit kreativitas dan niat, kamu bisa membuat telur menjadi lebih nikmat untuk sarapan.
Kamu bisa membuatnya menjadi telur rebus, omelet, orak-arik, atau bahkan telur mata sapi dan mengombinasikannya dengan roti lapis. Telur juga mengandung protein tinggi, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Susu

susu
Pilih susu rendah gula. (foto: pexels/pixabay)

Sarapan tidak selamanya harus dikunyah, bisa juga diminum kok. Satu gelas susu cukup untuk sarapan. Kamu bisa dengan mudah mengemas susu ke botol dan dibawa ke tempat beraktivitas. Pilihan terbaik ialah minum susu rendah gula. (drw)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan