Sarapan Penting bagi Tubuh

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Selasa, 09 Mei 2017
Sarapan Penting bagi Tubuh
Jangan ragu untuk memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna dalam sarapan Anda (Foto: Pixabay)

Sarapan tak sekadar mengisi "bahan bakar" untuk memulai hari. Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI Pangan) Indonesia, menjelaskan bahwa sarapan sehat seharusnya dapat memenuhi 25-30% dari total angka kebutuhan gizi (AKG) yang diperlukan setiap harinya. Gizi yang dibutuhkan ini terdiri dari energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan air.

Wied Harry Apriadji, penulis buku dan pakar kuliner sehat, menganjurkan untuk menghindari konsumsi sarapan dengan porsi yang mini atau sedikit. Porsi sarapan yang terlampau sedikit tidak akan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Seorang ahli Nutrisi dari Amerika, Adelle Davis, bahkan pernah menyampaikan "Eat breakfast like a king, lunch like a prince, and dinner like a pauper." (Sarapanlah seperti raja, makan siang seperti seorang pangeran, dan makan malam seperti pengemis).

Perumpamaan tersebut merujuk pada porsi makanan di masing-masing waktu tersebut, karena pada kenyataannya, sarapan sangatlah penting. Menu sarapan yang sehat dan bergizi di pagi hari tentunya akan membuat tubuh Anda berenergi dan siap menjalani berbagai aktivitas seharian penuh. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lainnya dari sarapan, yaitu:

1. Membuat otak lebih produktif

Ketika bangun pagi, rata-rata energi (glukosa dan glikogen) telah habis digunakan untuk beraktivitas di hari kemarin, juga proses di dalam tubuh selama tidur. Glukosa ini adalah "bahan bakar" yang diperlukan otak untuk bekerja secara baik. Tanpa bahan bakar ini, Anda akan sulit berkonsentrasi dan tidak produktif. Karena itulah Anda butuh sarapan. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian terhadap para siswa yang sarapan dan tidak. Siswa yang sarapan rata-rata memiliki kemampuan mengingat lebih bagus dibandingkan yang tidak.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rutin membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit. Namun, Anda juga harus pintar-pintar memilih menu makanan sehat, kaya nutrisi dan karbohidrat, untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda agar lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sarapan membantu Anda untuk tetap merasa kenyang dalam waktu lama, sehingga menahan keinginan untuk mengemil yang tidak sehat. Ketika tidak sarapan, tidak ada makanan dalam tubuh, sehingga proses metabolisme melambat untuk menghemat kalori yang dibakar. Sarapan penting untuk memicu metabolisme, sehingga pembakaran kalori lebih efisien. Segala kegiatan yang Anda lakukan untuk membakar kalori pun lebih efektif, karena metabolisme Anda baik.

Nah, sekarang Sahabat Merahputih sudah tahu kan, sarapan di pagi hari itu sangatlah penting. Jadi mulai saat ini jangan abaikan waktu sarapan pagi Anda. Usahakan untuk bagun pagi lebih awal agar Anda memiliki waktu sarapan sebelum berkativitas.

Simak pula info menarik lainnya seputar kesehatan di sini: 5 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya Untuk Kesehatan.

#Tips #Tips Kesehatan #Makanan Pokok #Makanan Sehat #Sarapan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan