Kuliner

Sarapan Lezat dengan Nasi Gurih Khas Medan

P Suryo RP Suryo R - Senin, 18 Juni 2018
Sarapan Lezat dengan Nasi Gurih Khas Medan
Nasi gurih asal Kota Medan, pas untuk sarapan. (Foto: foursquare)

SALAH satu kuliner khas daerah Sumatera adalah nasi gurih. Makanan dengan nama lain nasi lemak ini serupa dengan nasi uduk. Hanya saja, bahan pelengkap yang terdapat di nasi gurih berbeda dengan nasi uduk. Meski nasi gurih banyak ditemui di berbagai kota di Sumatera, nasi gurih yang ada di Medan terkenal akan cita rasanya yang lezat. Berikut beberapa nasi gurih terkenal yang ada di Medan:

1. Nasi Gurih Pajak Beruang

nasih gurih
Nasi gurih Pajak Beruang, terkenal dendeng sapinya. (Foto: trackpacking)

Nasi gurih yang terdapat di Jalan A.R Hakim ini terkesan sangat sederhana. Gerai ini hanya bermodalkan gerobak sepeda. Pedagang di gerai ini tak menyediakan meja atau bangku untuk pembeli yang ingin makan di tempat. Kendati tempatnya sederhana, Nasi Gurih Pajak Beruang memiliki pembeli setia. Tak heran nasi gurih ini dapat bertahan selama lebih dari 30 tahun.

Gurihnya nasi ini berasal dari penggunaan rempah-rempah. Dendeng sapi menjadi lauk spesial pelengkap nasi gurih. Tekstur dendeng tersebut lembut dan empuk dengan rasa gurih manis. Nasi Gurih Pajak Beruang beroperasi sejak pukul tujuh pagi hingga jam 12 siang.

2. Nasi Gurih Tom and Jerry

nasi gurih
Nasi gurih Tom and Jerry, banyak pilihan lauk. (Foto: foursquare)


Masyarakat kota Medan tak asing lagi dengan toko es krim Tom and Jerry yang terdapat di Jalan Surabaya. Di depan toko es krim tersebut terdapat penjual nasi gurih yang dikenal dengan nama Nasi Gurih Tom and Jerry. Gerai nasi gurih ini "menumpang" di depan Toko Es Krim Tom and Jerry sehingga ia dikenal pula sebagai Nasi Gurih Tom and Jerry.

Rasanya tak perlu diragukan lagi. Bumbu yang terdapat di nasi atau lauknya sangat lezat. Hanya dengan uang Rp10.000 ada banyak pilihan lauk mulai dari berbagai olahan telur seperti dadar, rebus atau mata sapi hingga rendang sapi.

3. Nasi Gurih Tenda Biru

nasi gurih
Nasi gurih Tenda Biru, terkenal dengan pedasnya. (Foto: kulinermedan)

Pecinta masakan pedas wajib mencicipi Nasi Gurih Tenda Biru. Berbeda dengan sambal nasi gurih pada umumnya, nasi gurih yang terdapat di Jalan Yos Sudarso ini menyajikan sambal yang cukup pedas.

Tekstur dendeng sapi yang menjadi lauk khas nasi gurih pun pas. Tidak lembek namun juga tak terlalu keras. Nasi gurih ini dilengkapi dengan lauk tambahan berupa keripik kentang. Warung nasi gurih ini buka dari pagi hingga malam hari.

Itulah tiga sarapan khas Sumatera yang bisa ditemukan di Medan. Selain memanjakan lidah, harganya pun terjangkau. (avia)

#Nasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan