Kuliner

Sarapan Kenyang Maksimal di Negeri Aing

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 05 Februari 2021
Sarapan Kenyang Maksimal di Negeri Aing
Orang Indonesia suka sarapan yang kenyang maksimal. (foto: Instagram @laparlagimakanlagi)

UNTUK urusan sarapan, orang negeri aing enggak mau tanggung-tanggung. Harus kenyang sekalian. Nasi sudah pasti jadi menu utama saat sarapan. Kenapa? Ya, karena sarapan roti kayaknya 'enggak negeri aing' banget.

Sajian nasi untuk sarapan di negeri aing banyak macamnya. Tak melulu nasi, ada juga olahan seperti bubur dan lontong yang pasti bikin kenyang maksimal.

BACA JUGA:

Kuliner di Negeri Aing, Jeroan Jadi Primadona

1. Nasi Kuning

nasi kuning
Nasi kuning lengkap mengenyangkan. (foto: Instagram @laparlagimakanlagi)

Nasi kuning ini terbuat dari beras yang dimasak bersama kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dalam tradisi Indonesia, warna nasi kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh karena itu, nasi kuning sering disajikan pada acara syukuran dan momen gembira seperti kelahiran, pernikahan, dan pertunangan.

Untuk menu sarapan, nasi berwarna cerah ini disajikan bersama orak-arik tempe, telur dadar rawis atau telur balado. Tak lupa taburan bawang goreng dan mentimun sebagai pelengkap.



2. Nasi Pecel

nasi pecel
Sarapan penuh sayur dalam nasi pecel. (foto: Instagram @madiunwisata)

Pecel merupakan makanan khas Kota Madiun, Jawa Timur, yang terbuat dari rebusan bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun), dan lainnya. Makanan ini dihidangkan dengan disiram sambal pecel.

Selain nasi dan sayuran, banyak pilihan menu tambahan untuk teman makan pecel. Ada telur dadar atau mata sapi, empal, paru goreng, hingga telur puyuh bacem.


3. Lontong Sayur

lontong
Lontong sayur nikmat di pagi hari. (foto: Instagram @makanmana)

Ada berbagai macam makanan berisikan lontong di Indonesia, misal lontong sayur, sampai yang lontong Cap Gomeh. Menu ini terdiri dari lontong dan sayuran yang terbuat dari santan dan kacang panjang. Lauknya tergantung selera kamu. Biasanya pilihan lauknya ialah ayam ataupun tahu dan tempe.

4. Nasi Uduk

NASI UDUK
Nasi uduk menu sarapan favorit. (foto: Instagram @makanmana)

Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan kelapa serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini dihidangkan bersama emping, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, dan sambal kacang. Ada juga jenis nasi uduk yang disantap bersama semur tempe, tahu, dan jengkol. Tentunya dengan tambahan sambal.



5. Bubur Ayam

bubur ayam
Bubur ayam menu segala umur. (foto: Instagram @kurator_rasa)

Bubur ayam memang favorit banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Semua suka bubur ayam. Tidak mengherankan jika bubur ayam menjadi menu sarapan yang amat umum di Indonesia.

Bayangkan makan bubur hangat di pagi hari. Enggak hanya bubur polos, ada tambahan ayam suwir, kuah wangi, kacang, daun bawang, dan bawang goreng. Enaknya.(dwi)

#Kuliner #Februari Kulineran Di Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan