Sarapan Telur Cegah Stroke Telur miliki banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: pixabay/pexels)

TELUR merupakan salah satu makanan yang sangat familier, khususnya untuk masyarakat Indonesia. Selain harganya yang cukup terjangkau, telur juga dapat dikombinasikan menjadi sebuah hidangan yang sangat lezat.

Menu makanan dengan telur kerap dipilih untuk makanan sehari-hari, dari mulai sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam.

Khusus untuk sarapan pagi, telur memiliki banyak manfaat lo. Telur membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Demikian diungkapkan sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Heart. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi telur setiap hari memiliki 18% risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular.

Telur dapat turunkan risiko kematian akibat stroke. (Foto: pixabay/ponce_photography)

Tak hanya itu, makan telur setiap hari juga bisa mengurangi 28% risiko penyakit stroke hemoragik yang mematikan, ketimbang dengan orang-orang yang tak makan telur. Demikian dilansir Harvard Health.

Penelitian itu melibatkan lebih dari 400 ribu orang dewasa usia 30 hingga 79 tahun. Peserta penelitian berasal dari 10 lokasi survei di Tiongkok. Peneliti kemudian melihat seberapa sering subjek penelitian melaporkan makan telur. Setelah itu, peneliti melacak kesehatan mereka selama hampir 9 tahun menggunakan pendaftar dan metode lain.

Konsumsi telur setiap hari baik untuk keshatan. (Foto: pixabay/jil111)

Hasilnya, mereka yang melaporkan konsumsi telur rutin satu buah per hari punya kemungkinan jauh lebih kecil terkena stroke jika dibandingkan dengan yang tak memakan telur. Bagi yang tak memakan telur, kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular, jantung iskemik, serangan jantung, stroke hemoragik, dan stroke iskemik jauh lebih besar.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Perempuan, Hindari 4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Pasanganmu Cemburu

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH