Saran DPRD DKI kepada Anies Baswedan Sebelum Lakukan Lockdown Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PAN, Zita Anjani menyarankan Pemprov DKI untuk mengikuti jejak sejumlah negara yang telah melakukan karantina wilayah atau lockdown, karena dirasa ampuh untuk menekan penularan virus corona.

"Kita berkaca pada negara-negara yang sudah menerapkan terlebih dahulu, dan itu efektif," kata Zita saat dikonfirmasi wartawan, Senin (30/3).

Baca Juga

Legislator PDIP Protes Kota Tegal di-Lockdown

Tapi kata Zita, ada hal penting yang harus diperhatikan Pemda DKI dalam melaksanakan lockdown. Pemerintah menjamin ketersediaan rumah sakit, lab, dan ketersediaan Alat Perlengkapan Diri (APD) lengkap yang sesuai standard bagi para tenaga medis.

"Siapkan dan pastikan pasukan tempur kita terlebih dahulu, dalam hal ini dokter dan perawat," jelas Zita.

"Bagaimana pasukan mau perang kalau tidak di bekali senjata yang bagus, bisa tewas pasukan sebelum mulai perang," sambungnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Kamis (26/3/2020). ANTARA/YouTube/dkijakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Kamis (26/3/2020). ANTARA/YouTube/dkijakarta

Kemudian, sediakan data yang pasti, lanjutnya, Pemprov DKI perlu punya data yang terkini dan canggih yang mampu mendeteksi siapa warganya yang sudah positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pantauan (PDP).

Selanjutnya, Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) ini meminta Pemda DKI mengadakan ribuan test untuk setiap harinya. Seperti Korea Selatan, Singapura dan Tiongkok.

Baca Juga

Pasien Positif di Bogor Datang Dari Jakarta, Anies Diminta Segera Lockdown Ibu Kota

"Itu semua bisa kita lakukan dengan test yang berkualitas atau Swab test dan berlakukan itu dimanapun. Agar pemerintah tidak sulit lagi mencari sana sini siapa yang terjangkit, dan tidak hanya menduga-duga saja," jelas dia. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH