Saran Bang Yos kepada Anies-Sandi Soal Reklamasi Bang Yos dan Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, memberikan soal soal proyek Reklamasi Teluk Jakarta kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasid Baswedan-Sandiaga Uno.

Menurut Menurut Bang Yos, pembangunan proyek reklamasi membutuhkan dana yang sangat besar, bahkan harus melibatkan investor Asing. Namun kata Bang Yos bila pembangunan itu dibatalkan oleh Anies bakal menimbulkan iklim investasi yang buruk ke depannya.

"Saya ingin memberikan win win solution kan gitu kan. Bagaimana pun untuk investasi itu besar yah, mungkin melibatkan juga investor asing, kalau tiba-tiba saklek aja kita batalkan gitu. Barangkali itu menimbulkan juga apa namanya iklim investasi yang tidak baik di Indonesia kan, terutama itu lalu kemana mana," kata Bang Yos di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

Tapi, kata Bang Yos, bila Anies dan Sandi menolak prokyek reklamasi untuk menyelamatkan lingkungan dan nelayan dirinya tak punya wewenang, karena Anies-Sandi sebagai pemimpin Ibukota.

"Tetapi anies sandi juga memiliki kepentingan sebagai kepala daerah, menyelamatkan lingkungan dan utamanya nelayan, kan. Jadi tadi sudah daya berikam saran, bagaiaman mencari win win solution yang paling penting adalah para nelayan ini terurus," jelasnya.

Meski demikian, Bang Yos menyarankan kepada Anies-Sandi bila nantinya proyek tersebut berjalan ia meminta Anies-Sandi harus ada Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

"Tentu saja harus ada amdalnya, reklamasi itu buat saya bukan barang tabu. Artinya banyak orang lalukan itu, Singapur lah tetangga kita paling deket, tetapi kan ada persyaratanya. Persyaratan utamanya adalah Amdal, gitu," pungkasnya. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH