Sapo Juma, Menikmati Danau Toba dengan Cara Lain Sapo Juma, taman bunga indah di Danau Toba (Instagram/imamnabika62)

SIAPA yang tak tahu Danau Toba. Danau alami terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara ini terletak di Provinsi Sumatra Utara. Karena keindahannya, sangat wajar jika danau yang tercipta dari letusan gunung purba ini terpilih menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kini keindahan Danau Toba bisa dinikmati dengan berbagai sisi. Contohnya spot foto cantik bernama Sapo Juma yang ada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Kamu bisa puas berfoto di sebuah taman bunga cantik, tak jauh dari Danau Toba.

Kamu bisa berswafoto ria di  Sapo Juma (Instagram/putra_pelawi)
Kamu bisa berswafoto ria di Sapo Juma. (Instagram/putra_pelawi)

Sebenarnya Sapo Juma merupakan sebuah villa atau guest house. Namun pihak pengelola memanfaatkan lahan di sekitarnya untuk dijadikan sebuah taman bunga. Tempat ini belum lama dibuka, namun karena keindahannya nama Sapo Juma sempat viral dikalangan pencinta traveling.

Kamu bisa bebas berkeliling di sana. menikmati indahnya taman bunga yang menghadap Danau Toba. Disediakan pula jalan setapak yang ada di tengah hamparan bunga, sehingga kamu tak perlu merusak tanaman saat ingin berswafoto ria di dekat bunga mekar.

Kamu bisa berfoto tanpa takut menginjak bunga (Instagram/sundarimaulia)
Kamu bisa berfoto tanpa takut menginjak bunga.(Instagram/sundarimaulia)

Jika kamu lapar, di sana juga terdapat sebuah restoran dengan menu masakan organik sehingga terjamin kesehatannya. Meski Sapo Juma adalah guest house, kamu tak perlu menginap untuk bisa meningkati keindahan taman. Cukup membayar Rp 20 ribu per sepeda motor kamu bisa puas berswafoto di sana.

Setelah puas berfoto ria, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata lain yang sangat dekat dengan Sapo Juma. Sekitar satu kilometer atau 15 menit berjalan kaki berjalan kaki kamu akan menemukan air terjun indah bernama Sipiso Piso Medan.

Sapo  Juma sedang populer dikalangan anak milenial (Instagram/arnellaputri)
Sapo Juma sedang populer dikalangan anak millennials. (Instagram/arnellaputri)

Akses menuju Sapo Juma sama seperti Air Terjun Piso Medan. Kamu bisa menjangkaunya Melalui Pematang Siantar - Kebun Raya Tigarunngu - Seribudolok - Merek. Dari Merek ada tiga pilihan jalur. Pertama Melewati Desa Tongging, kedua melalui jalur arah Bukit Gajah Bobok dan terakhir melalui jalur Sidikalang.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH