Sapardi Djoko Darmono Tak Mau ikut Campur

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 25 Oktober 2017
Sapardi Djoko Darmono Tak Mau ikut Campur
Sapardi Djoko Darmono. (Foto: MP/Albi)

FILM Hujan Bulan Juni merupakan film yang diadopsi dari novel dengan judul sama, karya sastrawan Sapardi Djoko Damono.

Film drama romantis yang sarat puisi itu merupakan besutan sutradara kondang Hestu Saputra. Hestu mampu mengalihwahanakan puisi dan novel ke bentuk film layar lebar dengan tantangan dan pencapaian kreatif baru.

Berbeda dari yang lainnya pada film Hujan Bulan Juni, penulis novelnya, Sapardi Djoko Damono mengaku tak mau ikut campur tangan dalam film itu. Karena baginya tugasnya sudah selesai di pembuatan novel.

Hal tersebut diutarakan Sapardi bukan tanpa alasan karena bagi Sapardi film ini intinya adalah sajak hasil alih wahana. Yakni pemindahan kisah dari satu jenis seni ke jenis lain yang dikerjakan oleh seniman-seniman film.

"Film Hujan Bulan Juni ini sepenuhnya menjadi milik para seniman yang dengan kreatif telah menghasilkan film tersebut," tutur Sapardi saat ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan , Selasa (24/10).

Kendati demikian sebagai penulis novel Hujan Bulan Juni Sapardi mengaku sangat bersyukur dan bangga, karya sastra dapat diadopsi menjadi film.

Dalam hal ini Sapardi bangga masih ada seniman bidang lain yang menurut pandangannya telah membantu kelangsungan proses tradisi kesenian yang maknanya sangat penting bagi kebudayaan suatu bangsa.

Sapardi juga tampil dalam beberapa scene di film tersebut sebagai tokoh Pak Hadi, ayah dari pemeran utama Sarwono yang dibintangi oleh Adipati Dolken. (ryn)

#Sapardi Djoko Damono
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan