Santunan 749 Orang Petugas KPPS yang Meninggal Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 21 Juli 2019
Santunan 749 Orang Petugas KPPS yang Meninggal Ditargetkan Selesai Tahun Ini
Jenazah petugas KPPS dari Kalsel yang meninggal karena kelelahan di Pemilu 2019 (Antaranews)

Merahputih.com - Santunan untuk 542 ahli waris petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Indonesia yang meninggal dunia selama penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 ditargetkan rampung tahun ini.

"Pokoknya target selesai sampai tahun ini, jangan sampai enggak dapat lah (target)," ujar Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, Sabtu (20/7).

Baca Juga: Massa 212 Gelar Doa untuk Petugas KPPS yang Gugur

Ilham mengkalim telah menyalurkan santunan duka kepada 162 ahli waris di beberapa daerah di Indonesia seperti Banten, Bogor, Bekasi, Jakarta, Yogyakarta, dan sebagian daerah di Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dimiliki KPU, total yang meninggal dunia sebanyak 749 orang petugas, di mana 542 di antaranya sudah dilakukan verifikasi.

TPS
Para petugas KPPS sedang menjalankan tugasnya pada Pemilu 2019 (Foto: Antaranews)

Ilham mengatakan nama yang tidak terverifikasi berarti tidak memenuhi syarat ketentuan, salah satunya meninggal dunia di luar tanggal yang telah ditentukan yaitu mulai sejak persiapan Pemilu hingga 10 Mei 2019.

"Kita kan pakai uang negara, tidak boleh asal, harus betul-betul diverifikasi," ketus Ilham.

Baca Juga: Bukan KPU, TKN Sebut DPR sebagai 'Pelaku' Tewasnya Ratusan KPPS

Ilham mengatakan setelah memberi santunan ke 162 ahli waris. Saat ini, sebagaimana dikutip Antara, KPU belum melanjutkan pemberian santunan kepada 380 orang lainnya dikarenakan masih mengurus administrasi.

"Ada persoalan administrasi yang belum selesai, salah satunya perihal penyaluran dana dari Departemen Keuangan, Insya Allah dalam waktu dekat kami selesaikan semuanya," tambah dia. (*)

#Pemilu 2019 #Komisi Pemilihan Umum
Bagikan
Bagikan